Wakapolda Sulut Hadiri Acara “Bitung Baku Dapa” Bersama Elemen Masyarakat

0

INDO NEWS – Wakapolda Sulawesi Utara (Sulut) Brigjen Pol Johnny Eddizon Isir menghadiri acara “Bitung Baku Dapa” bersama elemen masyarakat, di kedai kopi resting area Pelabuhan Kota Bitung, pada Jumat (25/11/2022).

Acara ini dikemas dalam suasana santai dan penuh rasa kekeluargaan. Wakapolda Sulut dan Kapolres Bitung AKBP Alam Kusuma S. Irawan, ngopi bareng warga masyarakat dari berbagai kalangan sambil mendengarkan langsung “curhatan” terkait kamtibmas, dirangkaikan dengan sesi tanya jawab.

Wakapolda Sulut mengatakan, kehadirannya dalam acara ini adalah untuk bersilaturahmi dengan elemen masyarakat di Kota Bitung.

“Kehadiran saya di sini untuk bersilaturahmi, melihat, dan ngobrol sekaligus menampung harapan, keinginan, tuntutan, aspirasi dari warga masyarakat. Mungkin ada yang kurang dari kami, baik dalam pelaksanaan tugas maupun dalam kehidupan bersosialisasi dengan kawan-kawan yang ada di sini,” kata Brigjen Pol Isir.

Menjelang Natal 2022 dan tahun baru 2023, Brigjen Pol Isir mengajak seluruh elemen masyarakat di Kota Bitung untuk bersama-sama turut menjaga situasi keamanan dan ketertiban.

“Mari sama-sama kita jaga keamanan dan ketertiban. Bulan Desember itu mengawali juga yang namanya tahun politik karena tanggal 14 Desember nanti akan ditetapkan oleh KPU RI tentang partai politik peserta Pemilu,” jelasnya.

Lanjut Brigjen Pol Isir, mungkin setelah penetapan partai politik peserta Pemilu tersebut, akan ada beberapa partai politik yang akan mendeklarasi.

“Kita ini adalah bangsa yang beragam. Harapannya, kawan-kawan juga bisa melihat kalau ada yang memakai politik identitas, politik SARA, ini potensi untuk memecah belah bangsa dan negara Indonesia. Jangan cuma diam, kita yang cinta bangsa dan negara Indonesia setidaknya kita bisa bersikap dengan menolak hal-hal seperti itu,” tutup Brigjen Pol Isir.

Sementara itu Kapolres Bitung menerangkan, acara Bitung Baku Dapa ini dilaksanakan setiap hari Jumat.

“Jadi, kami setiap hari Jumat melaksanakan kegiatan curhat bersama dengan elemen-elemen masyarakat yang ada di Kota Bitung. Bukan hanya hari Jumat saja, hari-hari lain kita juga melakukan patroli jalan kaki dialogis sambil menanyakan keluhan-keluhan masyarakat terkait dengan kamtibmas,” terang AKBP Alam Kusuma.

Ditambahkannya, acara Bitung Baku Dapa ini juga sebagai sarana sosialisasi tentang hukum maupun program-program kepolisian kepada warga masyarakat.

“Baku Dapa Bitung ini sangat penting sekali, salah satunya untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait dengan hukum. Ada penyelesaian masalah secara kekeluargaan yaitu win-win solution, tidak ada yang merugikan kedua belah pihak, dengan catatan tidak ada unsur paksaan atau tekanan,” kunci AKBP Alam Kusuma.

Diketahui, acara Bitung Baku Dapa ini merupakan implementasi dari program “Jumat Curhat” yang diinisiasi oleh Kapolda Sulut Irjen Pol Setyo Budiyanto. Kegiatan serupa juga digelar di seluruh satuan wilayah jajaran Polda Sulut.

(Gito Mokoagow)