BP2MI Sulut Dan Politeknik Kelautan dan Perikanan Kota Bitung Teken MoU Penyiapan Calon PMI

0

SULUT – Mewakili kepala BP2MI Republik Indonesia, Hendra Makalalag menandatangani Perjanjian Kerjasama dengan Politeknik Kelautan dan Perikanan Bitung pada Senin,15 Agustus 2022,bertempat di Aula Politeknik Kelautan dan Perikanan Kota Bitung.

Penandatanganan kerjasama antara Kepala BP2MI Sulut dengan Direktur Politeknik Kelautan dan Perikanan Bitung Daniel H. Ndahawali tersebut turut disaksikan oleh Direktorat Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan Kementrian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia Laksamada Muda TNI Adin Nurawaluddin.

Dalam kesempatan tersebut
kepala BP2MI Sulut Hendra Makalalag menyebutkan bahwa kerjasama yang dilakukan ini terkait dengan penyiapan calon pekerja migran Indonesia (CPMI) asal Sulut.

“Penandatanganan kerjasama hari ini berkaitan dengan penyiapan CPMI melalui institusi pendidikan dan berpatokan pada tri dharma perguruan tinggi. Agar nantinya calon-calon pekerja yang akan dikirimkan untuk bekerja ke luar negeri benar-benar sesuai dengan kualifikasi setiap negara penempatan” kata Hendra.

Hendra menambahkan bahwa potensi peluang kerja ke luar negeri di bidang kelautan dan perikanan masih terbuka lebar.
“Hari ini kami melakukan kerjasama dengan Politeknik Kelautan dan Perikanan Bitung karena peluang kerja di bidang ini masih banyak. Ada melalui program G to G Korea, atau melalui program P to P ke Taiwan, SSW Jepang dan beberapa program lainnya. Jadi PKS hari ini bertujuan agar para siswa lulusan Politeknik Kelautan dan Perikanan bisa mengisi jabatan-jabatan pada negara-negara yang membuka lowongan di bidang yang sama” jelas Hendra.
“Gaji yang ditawarkan pun lumayan besar ya jadi kami sangat berharap, dengan adanya PKS ini BP2MI bisa mendapatkan calon-calon pekerja yang mumpuni untuk ditempatkan di negara-negara yang membutuhkan” tutup Hendra. (Dp)