Atase Ketenagakerjaan Jepang Kunker Ke UPT BP2MI Manado

0

INDO NEWS – Sasaki Hiroki selaku Atase Ketenagakerjaan Kedutaan Besar Jepang di Indonesia melakukan kunjungan kerja atau Kunker ke UPT BP2MI Manado dalam rangka membahas penempatan dan pelindungan Pekerja Migran Indonesia ke Jepang Selasa 16 Februari 2022.

Turut hadir dalam kunjungan kerja tersebut Direktur Penempatan Non Pemerintah Kawasan Asia dan Afrika BP2MI Defriel Sogia, serta 10 kabupaten/kota yang telah menandatangani MoU dengan BP2MI antara lain Pemkot Manado, Pemkot Bitung, Pemkot Tomohon, Pemkab Kepulauan Talaud, Pemkab Kepulauan Sagihe,Pemkab Minahasa, Pemkab Minahasa Utara, Pemkab Minahasa Tenggara, Pemkab Bolaang Mongondow dan Pemkab Bolaang Mongondow Utara.

Dalam kesempatan tersebut Hendra Makalalag kepala UPT BP2MI Manado menyambut dengan baik kunjungan tersebut dan sambil berharap kendala yang telah disampaikan oleh Pemkot dan Pemkab yang hadir dapat difasilitasi dan menghasilkan solusi oleh Sasaki Hiroki.

“Mr. Sasaki datang dengan maksud ingin berdialog dengan 10 Kab/kota tentang tantangan yang dihadapi oleh mereka dalam proses penempatan dan pelindungan PMI ke Jepang ungkap Hendra Makalalag.”Saya harap Mr. Sasaki selaku perwakilan dari pemerintah Jepang dapat menyampaikan hal ini ke Kedubes Jepang di Jakarta sehingga bisa mendapatkan win-win solution bagi kedua belah pihak” kata Hendra.

Sementara itu Sasaki Hiroki dalam sambutannya, mengatakan bahwa pemerintah Jepang sangat mengapresiasi Daerah Sulawesi Utara karena telah menganggarkan biaya pelatihan bahasa dan skill bagi warganya untuk bekerja ke Jepang.

“Mewakili pemerintah Jepang saya menghaturkan apresiasi yang sebesar-besarnya atas perhatian dari Pemda yang telah menandatangani MoU dengan BP2MI untuk membiayai pelatihan bahasa dan skill dari masyarakatnya yang berminat bekerja ke Jepang” ungkap Sasaki.

“Saat ini Jepang mengalami kekurangan pekerja karena populasi yang menua. Berbeda dengan Indonesia yang kini mengalami surplus tenaga kerja, untuk itu pemerintah Jepang berinisiatif untuk bekerja sama dengan pemerintah Indonesia lewat program Specified Skill Worker (SSW) dalam hal penempatan tenaga kerja ke negara kami pada beberapa sektor pekerjaan yang bisa diisi oleh pekerja asal Indonesia. Saya berharap Sulawesi Utara bisa mengisi kekosongan pekerja yang kami maksud” kata Sasaki.

Setelah malakukan kunjungan kerja atau kunker ke UPT BP2MI Manado, Sasaki Hiroki dan Direktur Penempatan Non Pemerintah Kawasan Asia dan Afrika BP2MI Defriel Sogia menghadiri undangan dari Bupati Kabupaten Kepulauan Talaud Elly Lasut untuk berdialog dengan 438 CPMI asal Talaud terkait proses penempatan dan pelindungan PMI di Jepang. (*/Dp)