Dinas PMPTSP Kotamobagu Gelar Bimtek OSS-RBA

0

KOTAMOBAGU – Pemerintah Kota Kotamobagu melalui Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) Kota Kotamobagu, menggelar bimbingan teknis (Bimtek) Online Single Submission Risk Based Approach(OSS-RBA), bagi para pelaku usaha yang tersebar di wilayah Kota Kotamobagu.

Kegiatan yang dilaksanakan di Hotel Senator Kotamobagu tersebut, dibuka secara resmi Sekretaris Daerah Kotamobagu Ir Sande Dodo MT, Rabu 1 Desember 2021.

Sande melalui sambutannya menyampaikan, berdasarkan data Dinas PMPTSP, capaian nilai investasi sejak 2014 hingga tahun 2021 ini sebesar 4,3 triliun.

“Hal ini tentunya menunjukkan trend positif, sejalan dengan visi Kotamobagu sebagai kota jasa dan perdagangan berbasis kebudayaan lokal menuju masyarakat sejahtera dan berdaya saing,” ujar Sande.

Lanjutnya, adapun tujuan pelaksanaan kegiatan, yakni untuk memberikan pemahaman kepada para pelaku usaha dalam penginputan by sistem terkait dengan perizinan berusaha terintegrasi secara elektronik berbasis resiko.

“Online Single Submission Risk Based Approach (OSS-RBA), adalah perizinan berusaha yang diberikan kepada pelaku usaha untuk memulai dan menjalankan kegiatan usaha yang dinilai berdasarkan tingkat resiko kegiatan usaha, sebagaimana yang diatur dalam PP nomor 5 tahun 2021,” terang Sande.

Di tempat yang sama, Kepala Bidang Penyelenggaraan Perizinan dan Non Perizinan Dinas PMPTSP Kotamobagu, Ilaludin Assi menambahkan, kegiatan akan digelar selama 3 hari.

“Total peserta yang kita undang dalam Bimtek ini, kurang lebih 80an pelaku usaha. Karena masih dalam masa pandemi, sehingga kita bagi dalam 3 sesi. Per sesinya sekitar 20 pelaku usaha,” imbuh Yaw sapaan akrab Ilaludin.(*)