DPRD Kotamobagu Siap Kawal Pelestarian Adat dan Budaya Daerah

0

KOTAMOBAGU – Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bampemperda) DPRD Kota Kotamobagu Anugrah Beggie Gobel mengatakan, siap mengawal pelestarian adat dan budaya daerah.

“Kami (DPRD) terus mendorong untuk hal-hal terkait dengan pelestarian adat dan budaya di daerah ini,” kata Beggie.

Ia mengatakan, DPRD Kotamobagu diminta atau tidak oleh pemerintah, akan terus berupaya maksimal berperan dalam hal pengembangan dan pelestarian kebudayaan, serta adat istiadat di Kotamobagu.

“Sejauh ini DPRD selalu dilibatkan dalam hal penyusunan pokok pikiran kebudayaan daerah. Prinsipnya adalah, kita DPRD akan terus berperan, diminta atau tidak oleh pemerintah. Sebab ini merupakan hal yang krusial dalam menjaga kebudayaan daerah kita di tengah perkembangan zaman,” katanya.

Lanjutnya, DPRD juga sebelumnya telah membahas soal peraturan induk Pariwisata Daerah. Dimana nantinya regulasi itu bisa menjadi salah satu dasar untuk pemerintah daerah, sehingga bisa tersentuh bantuan pusat, terkait dengan pengembangan pariwisata. “Termasuk di dalamnya adalah  pelestarian kebudayaan sebagai bagian dari wisata budaya di daerah,” tandasnya