27 Personel Polda Sulut Lulus Terpilih Mengikuti Pendidikan SIP TA 2021

0

MANADO  – Sebanyak 27 anggota Polri yang sedang mengikuti seleksi Sekolah Inspektur Polisi (SIP) angkatan ke-50 TA 2021, dinyatakan lulus terpilih dalam Sidang Penetapan Kelulusan Tingkat Panitia Daerah Sulawesi Utara.

Sidang Penetapan Kelulusan ini sendiri dipimpin oleh Wakapolda Sulut Brigjen Pol Rudi Darmoko didampingi Karo SDM Kombes Pol Octo Budhi Prasetyo, di aula Catur Prasetya, Rabu (10/3/2021).

Dalam sambutannya, Wakapolda Brigjen Pol Rudi Darmoko mengatakan, seleksi ini merupakan bagian dari fungsi pembinaan karier personel Polri yang dilakukan dengan berbagai tahapan seleksi untuk mendapatkan perwira Polri yang berkualitas, unggul dan kompetitif.

“Proses tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya, dimana sistem penilaian didasarkan pada 13 komponen individu personel Polri,” ujar Brigjen Pol Rudi Darmoko.

Adapun penilaian tersebut antara lain, Sistem Manajemen Kinerja (SMK), penelitian catatan personel (Licatpers), kesehatan berkala, jasmani berkala, e-rohani, e-mental dan akademis serta uji akademik penulisan Naskah Karya Perorangan (NKP).

Pada seleksi ini, Polda Sulawesi Utara melaksanakan proses seleksi dengan menerapkan prinsip ”Betah” (bersih, transparan, akuntabel dan humanis). 

“Di mana pada setiap tahapan seleksi dilakukan pengawasan dengan sangat ketat yang diawasi oleh pengawas internal sehingga diharapkan dapat menghasilkan sumber daya manusia terbaik dan terpilih untuk menjadi perwira Polri yang memiliki kualitas sesuai dengan yang dipersyaratkan baik menyangkut aspek mental kepribadian, kesehatan, jasmani dan intektual,” terang Wakapolda Sulut.

Diketahui, jumlah peserta seleksi yang masuk sampai dengan tahap uji NKP tersisa 120 orang yang terdiri dari 104 pria dan 16 wanita. Sedangkan yang lulus hingga akhir sebanyak 27 orang, 5 diantaranya wanita.

“Kepada peserta seleksi yang dinyatakan lulus terpilih seleksi tingkat daerah, saya ucapkan selamat dan segera persiapkan diri kalian, saya berharap jaga nama baik polda sulut dan nama baik pribadi masing-masing, sehingga dapat melalui proses pendidikan dengan baik dan berhasil menjadi perwira Polri,” pesan Wakapolda Brigjen Pol Rudi Darmoko.

Sedangkan bagi yang belum lulus terpilih, Wakapolda minta jangan berkecil hati atau kecewa. “Harus tetap semangat, optimis karena masih tetap terbuka kesempatan untuk dapat mengembangkan karir selanjutnya,” pesannya ( Gito Mokoagow )