Cegah COVID 19, TNI – Polri Gelar Pelaksanaan Oprasi Gaktib dan Yustisi di Sulut

0

INDO NEWS – Wakapolda Sulawesi Utara Brigjen Pol Rudi Darmoko bersama sejumlah PJU Polda Sulut beserta 30 perwakilan pasukan Brimob, Propam dan Ditlantas Polda Sulut, mengikuti Upacara Gelar Operasi Gaktib dan Operasi Yustisi TA 2021, yang digelar di Lapangan Makodam XIII/Merdeka Manado, Rabu (25/2/2021) pagi.

Upacara tersebut dipimpin Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Santos Gunawan Matondang, diawali dengan pemeriksaan pasukan, dilanjutkan dengan penyematan pita operasi dan pembacaan Tekad oleh perwakilan Polisi Militer.

Menurut Pangdam XIII/Merdeka, tujuan pelaksanaan Operasi yang digelar serentak di seluruh Indonesia ini, untuk meningkatkan profesionalisme Polisi Militer TNI dan subjek hukum melalu pendekatan persuasif, edukatif di tengah situasi pandemi covid-19.

Ia juga berharap tidak ada tindakan arogan oleh personel di lapangan dalam pelaksanaan Operasi ini, yang pada akhirnya menimbulkan ketidaksimpatian masyarakat.

Adapun tema yang diangkat dalam Operasi ini yaitu, ‘Dengan Operasi Gaktib dan Operasi Yustisi TA 2021, Polisi Militer Siap Meningkatkan Penegakan dan Ketaatan Hukum dalam Mendukung Pendisiplinan Protokol Kesehatan Covid 19 serta Menjaga Persatuan, Kesatuan Bangsa demi Keutuhan NKRI’. 

Sementara itu dihubungi terpisah usai menghadiri upacara, Kabid Propam Polda Sulut Kombes Pol Marlien Tawas mengatakan, keterlibatan personel Polda Sulut dalam Operasi ini sebagai bentuk sinergitas TNI dan Polri khususnya di Sulawesi Utara.

“Kita terus menjaga sinergitas dan saling membantu dalam gelar operasi saat ini, karena kita TNI dan Polri sama-sama sedang melaksanakan pencegahan dan penanggulangan covid-19 di tengah masyarakat,” singkat Kombes Pol Marlien Tawas.

(Gito Mokoagow)