Digelar Secara Virtual, TNI – Polri Sulawesi Utara Dukung Program Nasional

0

INDO NEWS – Digelar secara virtual, unsur TNI dan Polri di wialayah Sulawesi Utara (Sulut) mengikuti Rapat Pimpinan (Rapim) tahun 2021.

Rapim yang digelar TNI-Polri Tahun 2021 ini dibuka langsung Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto yang didampingi Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, serta ikut dihadiri para Pejabat Utama Mabes TNI dan Mabes Polri, yang dipusatkan di Rupatama Mabes Polri, Senin (15/2/2021). 

Dalam agenda tersebut, Pimpinan TNI dan Polri menuju Istana Negara Jakarta, mendengarkan pembekalan langsung Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo.

Kegiatan Rapat Pimpinan (Rapim) wilayah Sulut, telah dilaksanakan di Aula Tribrata Polda Sulut, yang diikuti Kapolda Sulut Irjen Pol RZ Panca Putra, Panglima TNI Mayjen TNI Santos Gunawan Matondang, Danrem 131/Santiago Brigjen TNI Prince Meyer Putong, Danlantamal VIII Kolonel Marinir I Wayan Ariwijaya, Danlanudsri Kolonel Abram Robert Tumanduk, Wakapolda Sulut Brigjen Pol Rudi Darmoko, serta beberapa PJU Polda dan Kodam XIII/Merdeka.

Selain menerima pembekalan Presiden, peserta Rapim juga mendengarkan arahan dari Panglima TNI dan Kapolri serta materi Kesehatan, Ketua Komnas HAM RI, Ketua Komite PC PEN (Menteri BUMN) dan Menteri Keuangan. 

“Hari ini kita mengikuti Rapim TNI-Polri yang dilaksanakan secara virtual. Agenda tersebut akan dilaksanakan pada setiap tahun,” kata Kapolda Sulut.

Dalam Rapim ini kata Kapolda, materi yang dibahas terkait pencegahan penyebaran covid-19 serta pelaksanaan PPKM skala mikro dan juga menyangkut arah dan kebijakan Pemerintah.

“Bagaimana kita melaksanakan pemulihan ekonomi nasional di tahun 2021. Kita TNI-Polri diminta untuk mendukung program-program Pemerintah, termasuk salah satunya adalah program vaksinasi yang segera akan dilaksanakan tahap kedua,” ujar Kapolda Sulut Irjen Pol RZ Panca Putra.

TNI dan Polri lanjut dia, akan terus bersinergi dengan Pemerintah Daerah untuk menyukseskan program pemerintah secara nasional. “Tidak hanya program pemulihan ekonomi nasional tapi juga terkait pencegahan covid dan vaksinasi,” ujarnya

Adapun tema Rapim TNI-Polri Tahun 2021 adalah ‘Dilandasi Profesionalisme, Soliditas, dan Sinergitas TNI Polri Siap Mendukung Penanggulangan Paripurna Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Dalam Menjaga Persatuan dan Kesatuan Bangsa Menuju Indonesia Maju.

(Gito Mokoagow)