ktg

Kapolda Sulut: Mari Kita Wujudkan Pilkada Aman dan Sehat di Masa Pandemi Covid 19

0

INDO NEWS –  Kapolda Sulut Irjen Pol RZ Panca Putra mendorong semua pihak, terutama para penyelenggara, peserta dan para pendukung dalam Pilkada Serentak 2020, untuk mematuhi protokol kesehatan dalam pencegahan covid-19.

Menurutnya, perlu disusun sebuah kesepakatan bersama, komitmen bersama agar pelaksanaan pilkada berjalan aman, sejuk, damai dan sehat serta memperhatikan protokol kesehatan.

Hal itu disampaikan Kapolda Sulut saat menyampaikan arahan dalam Rapat Koordinasi Persiapan Kampanye Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara Tahun 2020, di Hotel Fourpoints Manado, Kamis (17/9/2020). Dalam agenda tersebut diikuti oleh para Penyelenggara Pemilu, partai politik, perwakilan bakal calon, yang juga dihadiri oleh perwakilan Forkopimda Sulut.

“Kenapa itu penting, karena apapun peraturan dibuat, tidak akan mampu mengakomodir semua hal secara utuh. Banyak permasalahan yang muncul di lapangan yang mungkin saja tidak tertuang dalam peratuan tersebut,” kata Kapolda Sulut.

Untuk itu lanjut dia,  ini akan disepakati melalui Kesepakatan Bersama. “Selain mengatasi masalah yang timbul karena tidak ada aturan, kita juga memperkuat sanksinya,” ujarnya.

Selain itu, Kapolda Sulut juga menegaskan agar Institusi Polri tetap menjaga netralitas dalam pelaksanaan Pilkada.

“Polri berkomitmen untuk menjaga pelaksanaan pilkada yang demokratis, diperlukan netralitas aparat keamanan. Polri sudah berkomitmen tidak ada tawar menawar, netralitas Polri itu menjadi prasyarat utama,” tegasnya.

Mantan Direktur Penyidikan KPK ini juga berharap, tidak hanya netralitas Polri yang dibutuhkan, tapi semua penyelenggara tetap menjaga netralitas sehingga pelaksanaan pilkada serentak 2020 bisa berjalan secara demokratis.

“Ini sudah kita sosialisasikan dan terus kita lakukan pengawasan, sejauh mana anggota di lapangan menunjukan netralitas ini. Kalau ada anggota yang dianggap tidak memiliki netralitas silahkan berikan masukan. Dan teman-teman Bawaslu silahkan melakukan pengawasan terhadap masalah ini,” pungkasnya.

(Gito Mokoagow)