ktg

Produksi Gula Aren Di Kotamobagu Capai 874 Ton Per Tahun

0

KOTAMOBAGU – Produksi aren di wilayah Kota Kotamobagu terbilang cukup tinggi. Dinas Pertanian dan Perikanan (DPP) mendata, produksi komoditi ini mencapai 874,9 ton per tahun.

Kepala  DPP Kotamobagu melalui Kepala Bidang Perkebunan, tanaman Pangan dan Holtikultura Ramjan Mokoginta mengungkapkan, wilayah penghasil aren di kotamobagu berada di Desa Moyag, Kecamatan Kotamobagu timur.

“Luas wilayah perkebunan aren di desa moyag memang cukup besar, mencapai 184,5 hektar, dengan produksi per tahun mencapai 874,9 ton per tahun,” ungkap Ramjan, Rabu(9/9/2020).

Menurutnya, Jumlah pohon aren yang mencapai ribuan batang kini menjadi berkah bagi masyarakat di desa moyag. Apalagi, pohon aren dan buah serta air nira memilki manfaat yang besar dalam meningkatkan ekonomi masyarakat.

“Sehingga masyarakat secara turun-temurun mengoptimalkan potensipohon aren ini untuk meningkatkan ekonomi keluarga,” ujarnya Terpisah, Kepala Dinas Perindukstrian dan Tenaga Kerja Kotamobagu Imran Golonda mengatakan, dalam upaya meningkatkan produksi serta pendapatan bagi para petani, Pemerintah telah membangun pabrik gula semut yang berada di desa tersebut. Meski sudah dibangun, namun belum bisa sepenuhnya difungsikan, karena terkendala saran dana prasarana pendukung lainnya.

“Sejumlah fasilitas termasuk peralatan mesih sudah tersedia dan siap digunakan. Namun, masih terkendala sumber air karena berada di ketinggian. Untuk itu, kami sudah melakukan koordinasi dengan pihak Pemdes untuk penyediaan fasilitas air ini,” ungkap Imran

Rumah produksi yang dibangun pemerintah itu bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, terutama para pengrajin gula. “Sasaran kita adalah bagaimana masyarakat bisa sejahtera. Jika semua fasilitas dan sarana penunjang lainnya sudah lengkap, maka bisa langsung bisa dioperasikan