ktg

14 Tenaga Kesehatan Nusantara Sehat Dibutuhkan diKotamobagu

0

KOTAMOBAGU –Pekan lalu, Dinas Kesehatan Kota Kotamobagu dan beberapa Kab/Kota lainnya di Indonesia melaksanakan desk usulan Nusantara Sehat (NS) di Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (PPSDM) Kementerian Kesehatan (Kemenkes)  Jakarta.

Desk tersebut guna mendapatkan jatah tenaga kesehatan NS yang nantinya diharapkan keberadaannya dapat mengisi kekosongan atau kekurangan tenaga kesehatan diwilayah kerja masing-masing. Adapun kriteria yang menjadi pertimbangan Kemenkes RI untuk memberikan jatah Tenaga Kesehatan NS yang antara lain berdasarkan updating data (Sistem Informasi SDM Kesehatan (SISDMK) dan  Analisis Beban Kerja (ABK) tiap-tiap Kab dan Kota serta persyaratan lainnya yang sudah dipenuhi pada saat desk NS.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kotamobagu melalui Kepala Bidang Pelayanan Promosi SDK Tofan Simbala,

dari hasil desk yang telah disetujui oleh Pusat, di tahun 2020 ini, Kota Kotamobagu mendapatkan kuota 14 orang tenaga kesehatan.

“Alhamdulilah Kotamobagu mendapatkan jatah 14 orang tenaga kesehatan yang terdiri dari Dokter gigi 3 orang, Bidan 2 orang, Nutrisionis 3 orang, Kesmas 1 orang dan ATLM 5 orang. Tenaga Kesehatan NS ini nantinya akan di distribusi pada 5 Puskesmas sesuai SK penetapan Kemenkes,” ujar Tofan, Senin (10/2/2020).

Dirinya pun menghimbau kepada seluruh masyarakat putra putri terbaik Totabuan yang memiliki keluarga orang kesehatan sesuai formasi diatas, untuk mengambil peluang ini untuk menjadi Tenaga Kesehatan Nusantara Sehat (TKNS) dengan mendaftarkan diri melalui link nusantarasehat.kemkes.go.id yang batas pendaftarannya sampai dengan akhir Februari ini.

“Silahkan mendaftar di link nusantarasehat.kemenkes.go.idtapi situs ini hanya sewaktu-waktu dibuka pada malam hari.  Jadi, dihimbau untuk terus memantau dan mencoba terus, mengingat jumlah peminat yang sangat banyak. Semua informasi terkait pendaftaran, persyaratan dan mekanisme penerimaan NS pun sudah jelas dan lengkap tertera pada situs tersebut. Selamat mencoba dan semoga beruntung,” terang Tofan.(*)