ktg

Anki Mokoginta : Perayaan Imlek Salah Satu Destinasi Wisata dan Budaya

0

KOTAMOBAGU– Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kotamobagu, Anki Taurina Mokoginta ST MM, mengatakan kalau perayaan Imlek merupakan sebuah kegiatan tahunan yang bisa menjadi salah satu destinasi wisata dan budaya di daerah.

Hal itu diungkapkan Anki saat menghadiri malam perayaan Imlek di Klenteng Tian Shang Sheng Mu Khung Kota Kotamobagu, Sabtu (25/01/2020) dini hari tadi. “Perayaan Imlek ini merupakan salah satu destinasi wisata dan budaya yang harus kita hormati, dimana jika merunut kisah sejarahnya, warga keturunan tiong hoa datang ke daerah ini untuk berdagang, kemudian mereka hidup di daerah ini serta membawa nilai-nilai kebudayaan mereka, yang dari situ kita bisa menghargai satu sama lain, selama itu untuk kebaikan bersama,” ucap Anki.Dirinya pun dalam kesempatan itu, berharap agar warta keturunan tiong hoa di Kotamobagu bisa hidup berdampingan, dan terus menjaga kerukunan antar umat beragama di Kotamobagu, serta bisa bersinergi bersama pemerintah daerah dalam membangun Kota Kotamobagu yang lebih baik. “Perayaan Imlek ini harus kita hargai sebagai bagian dari kebudayaan mereka (etnis tiong hoa), dimana ini juga akan ikut memperkaya khazanah kebudayaan yang ada di Indonesia, dan Kotamobagu khususnya,” tambah Ketua TP PKK Kotamobagu ini.

Tidak lupa, Mama Kinan (sapan akrab Anki Mokoginta), ikut mengucapkan selamat kepada wargaketurunan tiong hoa yang tengah bergembira merayakan Imlek 2571. “Semoga kehadiran kita disini bisa lebih menambah rasa suka cita yang dirayakan oleh saudara-sudara kita dalam merayakan tahun baru Imlek 2571,” tutur istri tercinta dari Wawali Kotamobagu Nayodo Koerniawan ini.  (jun/dp)