ktg

Konsep Pembangunan Bertahap,Stadion Glora Ambang Bakal Jadi Kebanggaan

0

KOTAMOABGU- Detail Engineering Design (DED) dalam perencanaan pembangunan Gelora Ambang ke depan akan dilaksanakan pada tahun 2020 ini.  Rencana pembangunan yang dimulai dari DED merupakan konsep pembangunan bertahap mengingat hampir seluruh fasilitas Keolahragaan akan dibangun didalamnya, demikian penjelasan Kadispora melalui Sekretaris Hendra Makalalag.

Pekerjaan DED Gelora Ambang saat ini pada tahap penyusunan dokumen pengadaan dan  dilelang dalam waktu dekat ini.

Dalam pelaksanaan kegiatan nanti pihak Dispora akan lebih banyak berdiskusi dengan pihak konsultan maupun para pihak, agar bisa menyamakan persepsi dalam konsep pembangunan nanti.

Dengan luas lahan 13,5 hektare rencananya akan dimaksimalkan agar semua fasilitas olahraga ada didalam Gelora Ambang, sehingga pemerintah daerah melalui Dispora dapat mengelolahnya sehingga dapat memberikan kontribusi terhadap pendapatan daerah.

Diharapkan kedepan Gelora Ambang akan menjadi kebanggaan masyarakat Sulawesi Utara, lebih khusus Bolaang Mongondow Raya (BMR).  Menjadi kebanggan oleh karena lokasinya sangat strategis berada ditengah Kota yang tidak dimiliki oleh daerah lain di Sulawesi Utara.

Rencana pembangunan dengan konsep bertahap akan dituangkan dalam kebijakan anggaran baik bersumber dari APBN maupun APBD Provinsi dan APBD Kota Kotamobagu dan tidak menutup kemungkinan bekerjasama dengan pihak ketiga (investor).

Didalam konsep pembangunan fisiknya  nanti, disertai dengan Wisma atlit dan Gedung Kantor Dispora Kotamobagu berada dikawasan Gelora Ambang. Hal ini bertujuan untuk memudahkan pemondokkan atlit bila ada event dan memudahkan pengawasan dari Dispora yang bertanggung jawab atas keberlangsungan pemanfaatan fasilitas yang tergolong mahal.

Dukungan semua stake holder sejak perencanaan sampai pada tahapan pembangunannya nanti sangat diharapkan tutup Sekdispora.(***)