banner kpu

Jelang Pendaftaran Paslon Wali Kota dan Wakil Wali Kota, Ini Pesan Kapolres Bitung

0

BITUNG — Matangkan persiapan pendaftaran bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bitung gelar Media Gathering di Rumah Kopi Baku Dapa Ulang (RKBU) Senin (26/8/2024).

Tiga narasumber yang dihadirkan diantaranya Kepala Kejasaksaan Negeri Kejari, Dr. Yadyn, SH, MH, Kapolres Bitung, AKBP Albert Zai, SIK dan Dandim 1310 Bitung, Letkol, Hanif Tupen.

Kegiatan Media Gathering itu lebih fokus pada kesiapan aparat keamanan dalam mengantisipasi gangguan Kamtibmas pada saat pendaftaran pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota di kantor KPU Kota Bitung.

Kapolres Bitung, AKBP Albert Zai, SIK mengatakan, pihaknya dalam pengamanan di kantor KPU akan menerjunkan 95 personil dan dibackup oleh aparat TNI.

“Intinya dari Polres Bitung ada 95 personil yang akan mengawal di kantor KPU. Tugasnya sudah dibagi. Ada yang bertugas di ring 1, ring 2 dan ring 3,” ujar Kapolres Albert Zai dihadapan wartawan yang ikut Media Gathering tersebut.

Ditambahkan pula, pengamanan dari Polres Bitung mulai dari lokasi pasangan calon menuju tempat pendaftaran di kantor KPU hingga kembali ke lokasi semula.

“Pengawalan akan dimulai dari lokasi pasangan calon keluar menuju ke tempat pendaftaran. Kemudian personil lalulintas akan mengatur rute iring-iringan massa pendukung pasangan calon agar semua berjalan tertib dan aman,” katanya.

Kapolres juga berharap agar para pendukung dalam melakukan konfoi harus tertib berlalulintas, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Polres Bitung akan melakukan tindakan tegas bagi para pelanggar lalulintas.

“Harapan kami semua pendukung pasangan calon agar taat berlalulintas. Jika ada yang melanggar pasti akan ditindak,” kata Albert Zai.

Pada pertemuan itu disepakati untuk massa yang akan mendampingi ke kantor KPU Kota Bitung maksimal berjumlah 500 orang.

Dan kesepakatan itu sudah disetujui oleh LO masing-masing pasangan calon.

Sementara Ketua KPU Kota Bitung, Deslie Sumampouw langsung menjadi moderator pada kegiatan tersebut.(Paulus Marinu)