Wawali Hengky Honandar Hadiri Haul Guru Tua Pendiri Al-Khairaat ke 56 Tahun

0

BITUNG — Wakil Wali Kota Bitung, Hengky Honandar menghadiri Haul Guru Tua Habib Idrus Bin Salim Al Jufri ke 56 Al-Khairaat di kompleks Pasar Cita Kota Bitung, Sabtu (8/6/2024).

Dalam sambutannya, Wawali Hengky Honandar menyampaikan Al-Khairaat adalah salah satu lembaga yang bergerak pada pendidikan Islam yang didirikan oleh Habib Idrus Bin Salim Al Jufri atau guru tua pada tahun 1930 yang berpusat di Palu Sulawesi Tengah.

Lanjut Honandar, sesuai ruh awal pendirinya, Lembaga Al-Khairaat memiliki fokus utama pada pengembangan pendidikan. Habib Idrus membangun dan mengembangkan pendidikan Al-Khairaat memadukan antara sistem pendidikan tradisional dan modern.

Karena dengan sistem tersebut kesejahteraan dan kebahagiaan akan diperoleh. Sekaligus akan terwujud masyarakat yang maju dan bertanggungjawab atas terlaksananya cita-cita bangsa.

“Sebagai lembaga pendidikan, Al-Khairaat merupakan lembaga perjuangan bangsa yang berusaha untuk membentuk insan-insan yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT. Lembaga ini memikul beban tanggungjawab moral dan ide terhadap kehidupan dan perkembangan pendidikan, demi kepentingan dan peningkatan kualitas hidup manusia,” ujar Wawali Hengky Honandar.

Di Kota Bitung, Al-Khairaat telah menjadi pilar penting dalam pembangunan sosial, kemanusiaan, dan pendidikan. Kehadiran Al-Khairaat telah membantu membangun generasi yang lebih cerdas dan berkualitas.

Selain itu, Al-Khairaat juga memiliki peran strategis dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat, serta dalam bidang sosial kemasyarakatan.

“Kehadiran Al-Khairaat di Kota Bitung adalah sebuah amanat yang harus kita jaga bersama. Eksistensi Al-Khairaat dalam pengembangan dunia pendidikan, pemberdayaan ekonomi masyarakat dan juga dalam bidang sosial kemasyarakatan harus terus berkembang,” kata Honandar.

Hadir pada Haul Guru Tua yakni perwakilan Forkopimda, Habib Ali Bin Muhammad Al Jufri, Habib Idrus Bin Abu bakar Al Jufri, Habib Umar Bin Thoha, Ustad Mahmud Kasim, Ustad Rizal Kasim dan para tokoh Al-Khairaat di Kota Bitung.(Paulus Marinu)