BPBD dan DLH Minut Gerak Cepat Bantu Warga Terdampak Bencana

0

MINUT_Curah hujan dengan intensitas tinggi disertai angin kencang pada Sabtu (02/03/24) mengakibatkan longsor, pohon tumbang dan banjir di beberapa wilayah Kabupaten Minahasa Utara.

Pemerintah kabupaten Minahasa Utara, melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) langsung bergerak cepat membantu warga yang terdampak bencana.

“Hujan deras disertai angin kencang yang terjadi diwilayah Minahasa Utara menyebabkan banjir, tanah longsor dan pohon tumbang menimpah rumah warga di beberapa titik lokasi di Desa Kima Bajo dan Talawaan,” Kepala BPPD Theodorus Lumingkewas, Minggu (03/03/24).

Ia mengatakan, dalam kejadian ini pihaknya langsung turun ke lokasi bencana dengan menurunkan 2 unit kendaraan truk serba guna dan mobil station dan pihak DLH menurunkan mobil crane dan jenis pick up.

“Sampai di lokasi bencana kami bersama TNI-POLRI dan dibantu masyarakat setempat langsung mengevakuasi rumah warga yang terdampak bencana. Diharapkan dengan langkah-langkah yang diambil ini, masyarakat yang terdampak bencana alam dapat segera pulih dan kembali beraktivitas seperti sedia kala,” ujar Lumingkewas.

Selain itu, sesuai instruksi bapak Bupati Joune Ganda kami juga melakukan pendataan, agar bantuan yang diberikan tepat sasaran dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat yang terdampak bencana.

Adapun lokasi desa yang mengalami bencana alam yang dilaporkan dan didata oleh BPBD Minut yakni:
1. Kima Bajo (pohon tumbang)
2. Mapanget (banjir)
3. Winetin (banjir)
4. Talawaan ( banyak sampah sehingga sungai meluap, menutupi permukaan sungai )
5. Talawaan atas ( longsor)
6. Talawaan bantik (longsor)

(Rommy Immora)