Kemenkes Lakukan Monev Pasca Survei Akreditasi Rumah Sakit di RSUD Maria Walanda Maramis

0

MINUT_RSUD Maria Walanda Maramis menerima kunjungan Tim Pembinaan dan Pengawasan Direktorat Jendral Mutu Pelayanan Kesehatan Kementerian kesehatan Republik Indonesia pada Jumat (16/02/24).

Kunjungan tersebut, dalam rangka melakukan Monitoring dan Evaluasi pasca Survei Akreditasi Rumah Sakityang telah dilaksanakan pada Desember 2022 yang lalu.

Kegiatan Monitoring dan Evaluasi dilaksanakan mulai jam 8 pagi hingga selesai oleh Tim Pembinaan dan Pengawasan yang terdiri dari 4 orang, diawali dengan Doa, Safety Briefing dan Menyanyikan lagu Indonesia Raya. Lalu dilanjutkan dengan presentasi dari Direktur dan Tim Mutu.

Kemudian dilanjutkan dengan telusur lapangan dan dokumen rekam medis oleh Tim Pembinaan dan pengawasan.

Ketua Tim Pembinaan dan Pengawasan Dr. Tri Hesty Widyastoeti, Sp.M, MPH menyampaikan yang mana Akreditasi Rumah Sakit merupakan kegiatan yang dilakukan untuk menjaga mutu pelayanan kesehatan suatu Rumah Sakit terhadap masyarakat layanan.

“Akreditasi tentunya jangan dianggap sebagai suatu seremoni, tetap diciptakan sebagai suatu budaya kerja yang sesuai dengan standar dan regulasi yang ada. Dari 3.170 Rumah sakit di Indonesia, RSUD Maria Walanda Maramis menjadi salah satu sampel yang dikunjungi Tim Pembinaan dan Pengawasan tersebut,” ujar Widyastoeti.

Sementara itu, Dirut RSUD Maria Walanda Maramis dr Joice Katuuk menyampaikan, terima kasih atas Tim Pembinaan dan Pengawasan Direktorat Jendral Mutu Pelayanan Kesehatan Kementerian kesehatan RI dalam rangkaian kegiatan Monitoring dan Evaluasi di RS. Walanda Maria Maramis.

“RSUD Maria Walanda Maramis siap menindaklanjuti apa yang direkomendasikan oleh Tim Pembinaan dan Pengawasan, tentunya dengan semangat perbaikan berkelanjutan demi menjamin pelayanan prima dan bermutu kepada masyarakat Kabupaten Minahasa Utara,” ujar Katuuk.

Seperti ketahui, semenjak Kepemimpinan Bupati Joune Ganda dan Wakil Bupati Kevin William Lotulung RSUD Maria Walanda Maramis terus berbenah meningkatkan mutu pelayanan kepada masyarakat.

Kegiatan ini dihadiri oleh Dewan Pengawas RSUD, Direktur, jajaran Direksi, Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Utara, serta para pegawai rumah sakit yang ada.

(*/Rommy Immora)