banner kpu

Wali Kota Asripan Nani Buka Bimtek Penyusunan Masterplan Smart City

0

KOTAMOBAGU – Pendidikan dan kesehatan merupakan dua sektor yang perlu dikembangkan di Kota Kotamobagu, dalam penyusunan Masterplan Smart City.

Hal ini diungkapkan Penjabat (Pj) Wali Kota Kotamobagu, Dr. Drs. Asripan Asripan Nani M.Si, saat membuka bimbingan teknis (Bimtek) Tahap IV Penyusunan Masterplan Smart City Kotamobagu, yang digelar oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kotamobagu, Senin (16/10/2023).

Asripan Nani dalam sambutannya mengatakan, pelaksanaan bimtek ini merupakan roadmap atau peta jalan, untuk merumuskan kebijakan perencanaan strategis, tentang Kota Kotamobagu kedepannya.

“Dokumen ini sangat penting untuk perumusan nanti, karena tanpa roadmap kita hanya bisa meraih-raih. Olehnya terima kasih untuk Kementerian Kominfo dan Dinas Kominfo, yang sudah memprakarsai kegiatan. Hal ini sesuatu yang wajib bagi kita bersama guna merumuskan Kotamobagu sebagai kota apa untuk ke depan,” ujarnya.

Dia juga mengatakan, menyiapkan Smart City, sesuatu yang sifatnya penting karena akan merumuskan Kotamobagu sebagai kota yang bisa dikenal.

“Saya minta ke Bappeda untuk mencari jargon, rumuskan satu jargon atau akronim Kotamobagu sebagai kota apa yang terjemahannya bisa daerah sejuk, daerah adat atau daerah jasa yang mengarah sebagai kota cerdas, agar supaya dalam hal yang berkaitan dengan jargon, semua program OPD sudah bisa mengarah ke situ,” ungkapnya.

Asripan juga mengatakan, banyak variabel yang harus disiapkan atau dilakukan guna menuju smart city. Baik dari penganggaran, SDM, infrastruktur, dukungan perda maupun regulasi. Untuk itu dia berharap, dalam perumusan kali ini minimal bisa merumuskan arah masterplan smart city Kota Kotamobagu.

“Penyusunan terakhir tahap empat ini, tentu sudah menghasilkan goal endingnya kemana. Saya minta Bappeda bentuk tim kecil untuk membuat rumusan agar cepat kita canangkan. Kotamobagu harus ada identitas nilai kearifan lokal. Baik itu makanan, kultur, budaya ataupun sektor lainnya,” tutupnya.

Kegiatan yang digelar di Aula Rumah Dinas Wali Kota Kotamobagu ini, turut dihadiri Narasumber kegiatan Perwakilan dari Kementerian Kominfo RI, Dr. Mila Karmila ST MT, Asisten II Pemkot Kotamobagu Adnan Massinae, para pimpinan OPD, camat, lurah/kades  serta peserta bimtek perwakilan dari masing-masing OPD di lingkup Pemkot Kotamobagu.(Syarip)