banner kpu

Dinas PUTR Jalin Kerjasama Dengan Kejari Kota Bitung

0

BITUNG – Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kota Bitung menjalin kerjasama pendampingan pekerjaan pada kegiatan APBD tahun 2023 dengan Kejari Kota Bitung.

Kerjasama tersebut ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) yang langsung dilakukan antara Kadis PUTR, Rizal Sompotan, ST, MT dan Kepala Kejaksaan Negeri Kota Bitung, Fauzal, SH, MH, Kamis 28 Juli 2023.

Kadis PUTR, Rizal Sompotan, ST, MT menjelaskan dengan adanya kerjasama ini pihaknya bisa melakukan konsultasi dan meminta saran secara hukum agar setiap pelaksanaan tugas yang dilaksanakan bisa memenuhi aturan hukum yang ada.

“Karena kami dari PUTR tentunya mempunyai misi agar pembangunan Kota Bitung menjadi lebih baik. Mencegah terjadinya kesalahan prosedur dalam hal perdata atau tata usaha negara. Untuk itulah kita menggandeng Kejari Kota Bitung untuk memberikan pendampingan hukum,” jelas Sompotan.

Sementara itu, Kejari Bitung, Fauzal, SH, MH melalui Kasi Intel, Orchido Bellamarga, SH mengatakan, pihaknya diminta oleh Dinas PUTR untuk melakukan pengawasan pada pekerjaan strategis di Kota Bitung yang sementara dikerjakan Dinas PUTR.

“Pada prinsipnya kami siap membantu agar Dinas PUTR tidak ragu mengambil tindakan maupun kebijakan dalam rangka pembangunan dan penyerapan anggaran. MoU ini ditetapkan menjadi upaya preventif atau pencegahan dari masalah-masalah hukum yang datang,” tutur Orchido Bellamarga, SH.

Namun demikian, Orchido mengingatkan dengan pendampingan ini, bukan berarti institusinya ‘mengamini’ jika ada penyimpangan tetap akan dilakukan tindakan.

“Bila dalam perjalanan, ditemukan penyimpangan. Ya kami akan lakukan tindakan,” tegasnya. (Paulus Marinu)