Fasilitasi Keluhan Warga, Ramlan Ifran cs Kunjungi Masyarakat Terdampak Pembangunan Jalan Tol

0

BITUNG – Tindaklanjuti aspirasi masyarakat Pateten dan Kakenturan terkait persoalan pembayaran sisa jalan tol, H. Ramlan Ifran bersama 3 anggota DPRD lainnya bertemu warga.

Kunjungan dari anggota DPRD Kota Bitung ini juga bersama dengan Dinas PUTR Kota Bitung, Jasa Marga, PPK Tol, Camat Maesa, Asisten II serta lurah setempat.

Ketua Komisi III DPRD Kota Bitung, H. Ramlan Ifran saat diwawancarai mengatakan, kehadiran Komisi I dan III untuk mendengar keluhan masyarakat terkait dampak pembangunan jalan tol.

Jadi atas informasi yang kami dapat dari masyarakat dan kami tindaklanjuti untuk bersama-sama melihat. Hadir juga dari Jasa Marga, PPK Tol. Jangan sampai kita hanya mendengar dan tidak melihat realitanya seperti apa. Dan banyak yang kita dapat hari ini.

“Bersama teman-teman kita menindaklanjuti informasi masyarakat. Dan hari ini lengkap, ada dari Jasa Marga, PPK Tol, Dinas PUTR. Dan hasil dari pertemuan ini akan kita bawa pada RDPU senin mendatang,” ucap politisi partai NasDem, H. Ramlan Ifran.

Lanjut H. Olan ada banyak poin yang dibicarakan pada pertemuan tersebut, namun yang hal yang sangat mendasar yakni terkait keamanan dan kenyamanan masyarakat.

Jadi faktor alam kita tidak tahu. Sebagai manusia kita hanya bisa mengantisipasi. Ditanya soal warga sekitar yang perlu direlokasi menurut H. Olan kalau secara pribadi harus.

“Banyak hal yang menjadi pokok pembahasan dari pertemuan itu, tapi yang krusial terkait keamanan dan kenyamanan masyarakat, itu yang penting,” ujarnya.

Sementara pihak PPK Tol ketika diminta tanggapan mengatakan, pihaknya akan menunggu kajian secara teknis dari Dinas PUTR Kota Bitung terkait kestabilan dinding. Dan itu akan dilakukan berkala.

Kita akan menunggu hasil justifikasi dari PJUT Jasa Marga Manado BitungBitung, nanti dari hasil kajian itu apakah ada konsekuensi perubahan design atau tetap belum ada kesimpulan sampai disitu.

Terkait relokasi masyarakat sekitar, pihak PPK Tol belum bisa memberikan penjelasan, karena harus menunggu kajian dari pihak terkait maupun data warga yang akan direlokasi.

Sementara beberapa warga Pateten dan Kakenturan merasa bersyukur atas kunjungan dari anggota DPRD dan pihak-pihak terkait untuk penyelesaian lahan sisa tol maupun relokasi masyarakat.

“Terima kasih untuk bapak dan ibu dewan serta pemerintah yang sudah hadir memfasilitasi keluhan kami warga masyarakat. Dan semoga persoalan ini cepat diselesaikan,” ujar warga.
(Paulus Marinu)