Sehari Jelang Puncak Festival Budaya Jawa, Pueworedjo Timur Gelar Acara Syukuran

0

BOLTIM – Sudah menjadi tradisi dimana hampir setiap tahun masyarakat Adat Jawa khusunya di Desa Purworejo Timur Kecamatan Modayag Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), menggelar yang namanya doa syukuran atas hasil panen pada setiap tahunya. Menariknya , satu hari sebelum puncak kegiatan Festival Budaya Adat Jawa yang di gelar di lapangan Purworedjo, khususnya para tokoh adat jawa di Desa Purworedjo Timur melakukan tradisi syukuran jawa atas hasil panen selama setahun yang di nikmati masyarakat.

Sebagaimana dikatakan Sangadi Purworedjo Timur Rizal Dali, bahwa selang sehari perayaan adat jawa di Desa Purworedjo Bersatu, khususnya masyarakat Purworedjo Timur melakukan kegiatan bersih desa.” Kegiatan ini melibatkan para perangkat desa dan tokoh masyarakat , pada kegiatan beraih desa ini sudah menjadi agenda mingguan dimana kegiatan ini , pun dibarengi dengan acara syukuran atas hasil panen satu tahun tahun yang dinikmati masyarakat,” kata Rizal.

Diketahui pada agenda tersebut dibarengi dengan kegiatan besar yang di sponsori oleh Pemerintah Kabupaten Boltim, dimana Bupati Sam Sachrul Mamonto menggelar festival budaya adat jawa .

” Momentun ini sangat tepat, bahwa seiring dengan digelarnya festival budaya tentu, sebagai masyarakat majemuk kita yang ada di Boltim secara objektif menerima beragam kultur yang ada du Biltim .”

Iya, kita berayukur dan berterima kasih kepada bupati Boltim Sam Sachrul Mamomto, diman secara ikhlas kedua kalinya menggelar acara featival adat jawa di Boltim.(Budi)