Sungai Totoka Meluap, Puluhan Rumah Warga Desa Molobog Timur Terendam

0

BOLTIM – Selama 4 (empat) jam diguyur hujan  deras di  Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) semengakibatkan air di sungai Totoka, tidak mampu menampung debit air sehingga meluap hingga masuk ke area pemukiman penduduk.

Akibat luapan air sungan membuat puluhan rumah warga yang ada di Desa Molobog Timur, Kecamatan Motongkad, Kabupaten Boltim terendam air, sekira Pukul 17:00 Wita ,  Jumat (17/3/2023) petang tadi.

Menurut penuturan warga air mulai merembes ke pemukiman warga, hingga ketinggian lutut orang dewasa.

Sebagimana dikataka Syarif Mardjan salah satu warga desa setempat, selain meningkatnya debit air sungai akibat curah hujan yang cukup tinggi, merembesnya air ke kawasan pemukiman , juga terjadi akibat pembangunan jalan dan drainase yang tidak sesuai.”Ini juga akibat pembangunan drainase dan jalan tidak sesuai, karena jalan berada di posisi lebih tinggi dari pada pemukiman warga, jadi air langsung masuk ke pumukiman saat banjir dan rumah warga tenggelam,” kata Syarif.

Syarif juga meminta agar pemerintah daerah agar dapat memberikan solusi yang terbaik.“Kiranya pemda dapat memberikan solusi yang tepat, agar penanganan banjir di desa kami bisa teratasi,” katanya.

Sementara, Kepala Desa (Sangadi) Molobog Timur Dolly Mokoagow mengatakan, saat ini Pemerintah desa masih melakukan proses evakuasi terhadap warga yang terdampak banjir.

“Warga yang terdampak banjir saat ini masih dalam proses evakuasi ke tempat yang lebih aman,” kata Dolly.

Terpisah, Camat Motongkad Kader Bachmid  saat dikonfirmasi mengatakan, pihaknya akan berupaya semaksimal mungkin melakukan upaya penanganan banjir.“Kami telah melakukan koordinasi dengan pihak – pihak terkait, untuk penanganan awal terhadap warga yang terdampak banjir,” ungkapnya saat meninjau lokasi banjir.(bm)