Draft LHP Dugaan Penyelewengan Dana di Desa Inaton Mengendap di Inspektorat Boltim, Ada Apa Yah?

0

BOLTIM – Aroma tidak sedap terkuak , dimana adanya unsur kelalaian adminiatrasi dan penyelewengan dana  di Desa Inaton Kecamatan Modayag Barat Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), pada tahun sebelumnya, rupanya menjadi perhatian serius oleh pihak Inspektorat Daerah, dengan menurunkan tim investigasi melalui Pemeriksaan Khusus (Pemsus).

Buktinya, pada akhir Bulan Desember tahun 2022, Inspektorat daerah menurunkan tim Pemsus di Desa Inaton guna menindaklanjuti dugaan adanya penyelewengan Dana Desa, Namun sangat disayangkan, Pasca tim pemsus turun dilapangan dan diduga kuat banyak temuan yang ditemui oleh tim Pemsus, namun hingga hari ini belum ada tindak lanjut oleh pihak Inspektorat Daerah dan terkesan hanya

“Gertak sambal” karena hingga hari ini hasil LHP belum disodorkan kepada pak Bupati.

Ini mengingat jangan sampai ada kesan main mata antara pihak Pemsus dan Desa akan kasus ini.

Menanggapi hal ini Kepala Inspektorat Daerah Hardiman Pasambuna,SH mengatakan dimana Pansus sudah selesai mengumpulkan data dan barang bukti di desa Inaton.

” Iya, tapi saya belum menerima draft LHP dari tim Pemsus,” kata Hardiman.

Sementara itu Inspektur Pembantu (Irban) Investigasi Inspektorat Daerah, Freddy terkesan tak mengubris konfirmasi melalui Watsapp miliknya.

Diketahui tim pemsus saat turun di Desa Inaton melakukan pemeriksaan terkait Dana Desa, ADD, BLT, Aset desa maupun program fisik yang ada di desa Inaton.

Sekedar diketahui biasanya Pemeriksaan Khusus dilakukan atas perintah Kejaksaan.

Sekedar diketahui dimana dalam rangka meningkatkan pengawasan Dana Desa, Pemerintah wajib, telah dan akan terus melakukan upaya pengawasan yang terintegrasi, efektif dan efisien, melalui  aparat pengawas fungsional di daerah, serta melakukan pembinaan kepada desa untuk pelaksanaan keterbukaan informasi  di desa terutama dalam pengelolaan keuangan di desa.(buds)