Akses Jalan Rusak Parah, Bus DAMRI Perintis Enggan Masuk Jiko Belanga

0

BOLTIM – Akibat ruas jalan yang rusak ,sempit, berliku, menanjak dan tak terawat rupanya membuat salah satu alat transportasi Bus DAMRI dengan rute, Manado, Molobog dan Jikobelanga , yang keseharianya masuk di Desa Jikobelanga Kecamatan Nuangan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), akhirnya kini enggan masuk di Desa yang berbatasan langsung dengan daerah tetangga Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel).

Lihat saja sejak beberapa bulan terakhir Bus DAMRI yang merupakan salah satu alat transportasi darat warga setempat tida lagi masuk di Desa Jikobelanga akibat kondisi ruas jalan yang rusak parah.

Sebagaimana dikatakan Pjs. Sangadi Jikobelanga Suprianto mengatakan dimana keluhan masyarakat Desa Jikobelanga pada umumnya adalah terkait akses jalan dari Desa Matabulu menuju Jikobelanga. Karena saat ini kondisi jalan rusak parah dan sulit dilintasi kendaraan beroda empat .

” Melihat kondisi jalan yang ada memang sudah rusak parah, bahkan bus DAMRI Perintis pun hingga saat ini kesulitan melintas di ruas jalan yang ada akibat akses jalan yang sempit dan rusak parah,” kata Sangadi.

Terkait hal tersebut meminta kepada pihak pemerintah Kabupaten Boltim untuk bisa memperhatikan kondisi jalan tersebut.

” Artinya dengan kondisi jalan yang rusak tentu berdampak pada perekonomian masyarakat, baik hasil tangkapan ikan maupun hasil perkebunan, jika sebelumnya akses jalan belum rusak para pembeli dari luar daerah tidak kesulitan masuk di desa sebab akses jalan belum rusak. Namun melihat kondisi saat ini tentu para pembeli dari luar daerah bahkan desa tetangga sudah jarnag masuk ke desa kami akibat ruas jalan yang rusak dan tentu akan berdampak pada hasil tangkapan ikan dan hasil perkebunan masyarakat,” kata Sangadi.

Sementara itu Bupati Boltim Sam Sachrul Mamonto mengatakan, kedepan ruas jalan yang ada akan diperbaiki.

” Banyak yang masuk dalam skala prioritas , nah mudah-mudahan kedepan masyarakat yang ada di Desa Jikobelang pasti akan menikmati ruas jalan hotmix ,”singkat Bupati.(BM)