Kepolisian Bersama Bhayangkari, Klenteng Kwan Kong dan Apple Tree Pre-School Gelar Baksos bagi Korban Banjir di Manado

0

INDO NEWS – Polda Sulawesi Utara (Sulut) bersama Polresta Manado, Bhayangkari, Klenteng Kwan Kong Manado dan Manajemen Apple Tree Pre-School Manado menggelar bakti sosial (baksos) bagi korban banjir di wilayah Kecamatan Bunaken, Kota Manado, pada Jumat (17/2/2023).

Baksos dilakukan dalam bentuk pemberian bantuan berupa peralatan rumah tangga dan sembako serta pelayanan kesehatan. Kegiatan dipusatkan di dua lokasi yakni, halaman Masjid Nurul Huda Kelurahan Molas dan Panti Asuhan Darul Istiqomah Kelurahan Bailang, Kecamatan Bunaken.

Informasi diperoleh, jumlah warga yang terdampak banjir di Kelurahan Molas dan Kelurahan Bailang sebanyak 2046 jiwa, dan terdapat 267 rumah rusak ringan, 167 rumah rusak sedang serta 65 lainnya rusak berat.

Kemudian total bantuan yang diserahkan kepada warga masyarakat terdampak musibah, sebanyak 432 paket. Terdiri dari, 65 paket A berupa peralatan rumah tangga, peralatan tidur, dan peralatan MCK. Lalu 81 paket B1 berupa 1 set kursi dan 1 set peralatan rumah tangga, 87 paket B2 berupa 1 set lemari dan 1 set peralatan rumah tangga, serta 200 paket C berupa 1 set peralatan rumah tangga.

Sedangkan bantuan yang diberikan kepada Panti Asuhan Darul Istiqomah di antaranya berupa peralatan tidur, peralatan tulis menulis, sembako, dan pakaian. Selain bantuan tersebut, juga diadakan pelayanan kesehatan oleh Biddokkes Polda Sulut dan Poliklinik Polresta Manado.

Sementara itu Kapolda Sulut Irjen Pol Setyo Budiyanto, mengatakan, bantuan-bantuan tersebut berasal dari masyarakat dan para donatur yang peduli terhadap warga masyarakat yang terdampak musibah banjir.

“Setelah terkumpul, kita memberikan bantuan yang terdiri dari empat jenis. Paket A terutama ditujukan kepada masyarakat yang paling besar merasakan akibat seperti rumahnya tersapu banjir, kemudian tidak ada lagi tempat tinggal, hingga paket C itu diberikan kepada yang sedikit terdampak. Kami sudah memilah sesuai dengan kebutuhan,” kata Irjen Pol Setyo Budiyanto, yang memimpin langsung jalannya baksos tersebut.

Sebelumnya, lanjut Irjen Pol Setyo Budiyanto, Polresta Manado telah menginventarisir jumlah warga maupun rumah yang terdampak musibah banjir, yang terjadi di wilayah Kota Manado dan sekitarnya, pada Jumat (27/1) lalu.

“Setelah diinventarisir, kami komunikasikan dengan Polresta Manado, Bhayangkari, Klenteng Kwan Kong Manado dan Manajemen Apple Tree Pre-School Manado kemudian ditentukan hari ini (Jumat), kita bersama-sama memberikan bantuan. Kita juga sudah berkoordinasi dengan pihak pemerintah kecamatan dan pemerintah kelurahan setempat agar bantuan tersebut benar-benar tepat sasaran,” jelas Irjen Pol Setyo Budiyanto.

Terkait pelayanan kesehatan bagi warga terdampak banjir, Irjen Pol Setyo Budiyanto menerangkan, kegiatan dilakukan dalam bentuk pemeriksaan dan pemberian obat-obatan sesuai dengan keluhan yang disampaikan oleh masyarakat.

“Terhadap anak-anak juga diberikan vitamin dan obat-obatan tertentu. Juga ada bantuan secara psikologis berupa trauma healing,” terang Irjen Pol Setyo Budiyanto.

Menurut Irjen Pol Setyo Budiyanto, baksos ini merupakan kerjasama yang sangat positif. Pihaknya berharap, akan ada banyak lagi kepedulian dari masyarakat yang dengan sukarela memberikan bantuan kepada warga masyarakat terdampak banjir ini.

“Harapan kami, mudah-mudahan banyak atau ada lagi kepedulian dari masyarakat yang lain, yang mungkin berlebih, untuk menyumbangkan atau mendonasikan sebagian yang berlebih tersebut untuk masyarakat yang terdampak musibah ini,” harap Irjen Pol Setyo Budiyanto.

Ditambahkannya, pasca musibah banjir, Polri-TNI bersama pemerintah dan pihak-pihak terkait lainnya juga telah melakukan berbagai upaya penanganan seperti proses evakuasi, kerja bakti, menyalurkan bantuan hingga mendirikan dapur umum.

“Harapannya, masyarakat dapat beraktivitas, bisa merasakan hidup normal lagi, bisa berinteraksi dan bersosialisasi sehingga kegiatan atau aktivitas masyarakat di daerah terdampak musibah ini bisa normal kembali,” pungkas Irjen Pol Setyo Budiyanto.

Turut hadir dalam baksos tersebut di antaranya, Ketua Pengurus Daerah Bhayangkari Sulut, para Pejabat Utama Polda Sulut, Kapolresta dan Wakapolresta Manado, Ketua Klenteng Kwan Kong Manado, manajemen Apple Tree Pre-School Manado, Sekcam Bunaken, dan Lurah Molas.
(Gito Mokoagow)