Waktu Dekat Akan Ada Operasi Mata di Kecamatan Modayag

0

BOLTIM – Kabar gembira bagi masyarakat di wilayah Kecamatan Modayag. Pasalnya UPTD Rumah Sakit Mata Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Utara akan menggelar pelayanan pemeriksaan mata secara gratis.

Terkait hal ini, Camat Modayag Asral Mamonto mengajak masyarakat untuk memanfaatkan layanan pemeriksaan yang di gelar UPTD Rumah Sakit Mata tersebut.“Sesuai jadwal dan tempat pelaksanaan pelayanan, untuk Kecamatan Modayag digelar di Puskesmas Modayag pada tanggal 26 Oktober 2022,” kata Asral.

Lanjutnya, adapun untuk menerima pelayanan pemeriksaan ini, masyarakat cukup membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP).

“Jadi layanan ini terbuka untuk umum, masyarakat hanya membawa kartu identitas saja. Adapun pelayanan meliputi pemeriksaan dini katarak dan sebaginya, jika kemudian setelah pemeriksaan ada yang penyakitnya parah nanti akan mereka rujuk,” pungkasnya.

Diketahui, kegiatan pelayanan tersebut merupakan program Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara yang dicanangkan Gubernur Sulawesi Utara dalam upaya menurunkan angka kebutaan yang dapat dicegah dalam hal ini Katarak.

Adapun rencana aksi yang digelar meliputi sosialisasi program kegiatan skrining dan deteksi dini, skrining penyakit katarak di Puskesmas serta menetapkan jadwal operasi bagi yang sudah terdiagnosa Katarak.

Penulis : Budi S Mamonto