Wujudkan Ketersediaan Pangan,TNI dan Dinas Pertanian Boltim Manfaatkan Lahan HGU

0

BOLTIM – Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), bersinergi dengan Tentara Nasional Indonesia (TNI) untuk mewujudkan ketersediaan bahan pangan dan memanfaatkan lahan Hak Guna Usaha (HGU) untuk penanaman jagung.

Kepala Dinas Pertanian Boltim, Mat Sunardi menjelaskan kalau untuk optimalkan lahan-lahan yang ada untuk dapat dimanfaatkan agar bisa menghasilkan bahan pangan seperti Jagung, Umbi, Cabe dan lain-lain.
“Lahan lahan di Boltim cukup subur untuk ditanami dengan berbagai komoditi pertanian bila dibanding daerah lain yang lahannya penuh dengan kapur,” kata Sunardi.

Sunardi menyebutkan kalau petani di Kabupaten Boltim patut untuk bersyukur, tinggal mengoptimalkan semua lahan yang ada agar menjadi lebih subur.“Kegiatan sinergitas ini untuk memberikan suport pada petani yang ada di Boltim agar jangan berhenti menanam dan tetap menanam minimal untuk kebutuhan keluarganya, sisanya dapat dijual untuk menambah pendapatan keluarga,” beber Sunardi.

Para petani harus memanfaatkan lahan yang ada untuk memudahkan kebutuhan sehari-hari.“Saat ini semua bahan baku pertanian laku dijual dan mudah ditanam, contoh sederhana tanaman pisang yang tidak dipupuk pun bisa tumbuh bagus, tinggal kita yang harus mampu memanfaatkan semua peluang yang ada,” pungkasnya.

Penulis : Budi S Mamonto