Anggaran dan Teknis Pelaksanaan Pilsang Serentak di Boltim Sudah Disiapkan

0

BOLTIM – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), akan melaksanakan Pemilihan Sangadi (Pilsang) serentak di 64 Desa Se- Kabupaten Boltim pada Tahun 2023 mendatang.

Hal tersebut dikatakan kepala Dinas DPMD Boltim, Hendra Tangel, Kamis 13/10/2022.
Menurutnya pemilihan pilsang sudah dipersiapkan penganggaran dan teknis untuk pelaksanaannya.

“Iya tetap dipersiapkan untuk pelaksanaannya baik dari sisi penganggaran maupun teknis pelaksanaan,” ujar Tangel.

Tangel menyebutkan untuk pemilihan pilsang di Tahun 2023 ada perbedaan sehingga masing-masing Tempat Pemungutan Suara (TPS) diwajibkan hanya 500 pemilih karena berdasarkan Permendagri 72. Tahun 2020.

“Ada perbedaan karena kita mengacu pada pelaksanaan pilsang dimasa pandemi covid 19, sehingga masing-masing TPS paling banyak pemilihnya 500 orang kemudian panitia pengawas tingkat kecamatan dan masih banyak lagi yang akan disesuaikan berdasarkan Permendagri 72 tahun 2020,” ucap Tangel.

Hendra berharap kepada calon peserta yang akan ikut pemilihan pilsang agar mempersiapkan berkasnya masing-masing saat pelaksanaan uji kompetensi.

“Harapan bagi bakal calon dapat mempersiapkan diri mulai dari berkas dan saat pelaksanaan uji kompetensi kemudian bagi calon Sangadi yang sudah pernah menjabat harus bebas TGR,” tandasnya.

Penulis : Budi S Mamonto