Festival MHF Perdana di Mooat Spektakuler

0

BOLTIM – Ribuan masyarakat tumpah ruah dijalan raya hingga lapangan Desa Guaan Kecamatan Mooat Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) pada puncak acara Mooat Horti dan Culture Festival 2022, Sabtu (08/10/2022).

Spesialnya lagi, kegiatan ini dihadiri langsung Bupati Boltim Sam Sachrul Mamonto,S.Sos,MSi didiampingi istri tercinta Ny. Seska Ervina Budiman,S.Sos, Wakil Bupati Oskar Manoppo,SE,MM, Kapolres Boltim, Dandim, unsur pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Boltim serta pejabat eselon II, III dan Fungsional dijajaran Pemerintah Daerah Kabupaten(Pemkab) Boltim.

Dari pantauan Awak Media Mooat Horti and Culture Festival atau lebih dikenal dengan istilah MHF Boltim 2022, adalah ivent perdana dilaksanakan masyarakat Kecamatan Mooat yang notabene berprofesi sebagai petani hortikultura dan Festival MHF Perdana di Mooat Spektakuler

Tak heran, MHF Boltim tahun ini mempromosikan hasil-hasil bumi masyarakat petani di 10 Desa se-Kecamatan Mooat melalui Carnaval Hortikultura yang menampilkan produk-produk pertanian unggulan masyarakat seperti Kentang, Bawang, Tomat, Cabai, Jahe, Strawberry, Kol, Petsay, Wortel dan hasil bumi lainnya.

Tidak kalah menariknya juga, Bupati SSM sapaan Sam Sachrul Mamonto mengkhususkan iven MHF 2022 sebagai ajang pelestarian adat dan budaya bagi ribuan warga asal Minahasa yang sudah puluhan tahun tinggal menetap di Kecamatan Mooat.

Bupati dalam sambutanya, mengaku bangga digelarnya MHF 2022 adalah bukti dari keanekaragaman budaya yang ada di Boltim. Salah satunya adalah Budaya Minahasa, menurutnya harus dilestarikan secara terus menerus. SSM pun mengungkapkan rasa simpatinya ketika mengenakan pakaian adat Minahasa.

Bupati pun sedikit menceritakan, meski dirinya orang Mongondow, tetapi setengah dari keluarganya dari pihak opa berasal dari Minahasa dengan marga Suoth. “ Setahu saya ada Oma saya marga Suoth masih hidup tinggal diwilayah Kecamatan Mooat,” kata Bupati.
Benar saja, tidak berapa lama kemudian panitia pelaksana MHF menghadirkan Oma tersebut diatas panggung tepatnya dihadapan Bupati. Alhasil, saat itu juga Bupati memeluk Omanya itu, diketahui sudah berumur 84 tahun.

Tak tanggung-tanggung, orang nomor satu di Boltim tersebut memberikan apresiasi kepada Panitia MHF telah mengangkat adat budaya Minahasa yang sudah menjadi salah satu kekayaan budaya Boltim di Mooat Horti dan Culture Festival.

Sementara itu, Ketua Panitia MHF Boltim 2022 Tony Sumaiku dalam laporanya mengungkapkan, bahwa suksesnya festival Mooat tidak lepas dari ide dan gagasan Bupati Boltim. Ia menambahkan, masyarakat Kecamatan Mooat berharap agar MHF bisa menjadi acara tahunan.

Penulis : Budi S Mamonto