Kapolda Sulut Pimpin Upacara Hari Kesaktian Pancasila

0

INDO NEWS – Kapolda Sulawesi Utara (Sulut) Irjen Pol Mulyatno memimpin upacara dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila, Sabtu (1/10/2022) pagi, di lapangan upacara Mapolda.

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun ini bertemakan, Bangkit Bergerak Bersama Pancasila. Upacara tersebut ditandai dengan mengheningkan cipta dan pembacaan teks Pancasila, pembukaan UUD 1945 serta ikrar.

Sementara itu Kapolda Sulut usai upacara mengatakan, peringatan Hari Kesaktian Pancasila tak terlepas dari peristiwa sejarah bangsa Indonesia.

“Tentunya kita tahu bahwa pada hari ini, 57 tahun yang lalu, telah terjadi pengkhianatan Pancasila oleh Gerakan 30 September. Dan alhamdulillah, Pancasila masih tetap menunjukkan kekuatan dan kesaktiannya, sehingga ini kita peringati sebagai Hari Kesaktian Pancasila,” ujar Irjen Pol Mulyatno.

Lanjutnya, Pancasila bagi bangsa Indonesia merupakan ideologi dan pedoman hidup yang harus dijadikan sebagai landasan moral di dalam berpikir, bersikap, dan berperilaku serta menjiwainya dalam kehidupan sehari-hari.

“Pancasila merupakan ideologi yang harus kita pahami, kita hayati, dan kita laksanakan dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga kita akan menjadi bangsa Indonesia yang mampu memahami Pancasila, mampu memahami kebhinnekaan dalam keberagaman, dan mampu menjadi warga negara Republik Indonesia yang baik,” pungkas Irjen Pol Mulyatno.

Turut hadir pada upacara tersebut yakni, Wakapolda beserta para Pejabat Utama Polda Sulut, dengan peserta upacara adalah Anggota Polri dan PNS Polda Sulut.
(Gito Mokoagow)