Kapolda Sulut Sharing Wawasan Kebangsaan di Politeknik Negeri Manado

0

INDO NEWS – Kapolda Sulawesi Utara (Sulut) Irjen Pol Mulyatno kembali menjadi narasumber tentang Wawasan Kebangsaan. Kali ini, materi tersebut disampaikan pada kuliah umum mahasiswa Politeknik Negeri Manado, Senin (26/9/2022) siang.

Dalam kesempatan tersebut, Irjen Pol Mulyatno mengulas secara rinci Empat Konsensus Dasar Bangsa. Yaitu, Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan NKRI. Juga tentang sejarah dan asal usul nama Indonesia yang berubah-ubah sebelum tanggal 17 Agustus 1945.

Kuliah umum yang berlangsung di Auditorium Prof. Rudy Tenda Politeknik Negeri Manado ini mendapat sambutan positif dan antusias tinggi dari para mahasiswa bahkan tenaga pendidik.

Dibuktikan dengan banyaknya pertanyaan yang disampaikan kepada Irjen Pol Mulyatno, tidak hanya terkait Wawasan Kebangsaan tetapi juga seputar tugas-tugas kepolisian dan situasi kamtibmas terkini. Pertanyaan demi pertanyaan pun dijawab Irjen Pol Mulyatno secara jelas dan lugas.

Sementara itu Irjen Pol Mulyatno usai kegiatan mengatakan, merasa senang dan kagum karena para mahasiswa beserta segenap civitas akademika Politeknik Negeri Manado mengikuti kuliah umum ini dengan penuh antusias.

“Saya senang sekali, kuliah umum di Politeknik Negeri Manado ini berjalan dengan penuh antusias. Semoga materi yang disampaikan dapat menyegarkan kembali akan nilai-nilai kebangsaan,” ujar Irjen Pol Mulyatno.

Menurutnya, nilai-nilai kebangsaan itu sangat penting bagi generasi muda dan juga masyarakat, sebagai pemersatu sekaligus perekat keutuhan NKRI, terlebih dalam menyongsong Indonesia Emas pada 2045 mendatang.

“Dengan nilai-nilai kebangsaan yang mantap, ditunjang dengan sumber daya yang dimiliki dan yang selalu kita tingkatkan terus, diharapkan kita akan mampu meningkatkan dan menciptakan keunggulan daya saing bangsa. Sehingga kita mampu bersaing, baik di era global maupun di era revolusi industri 4.0,” pungkas Irjen Pol Mulyatno.

Turut hadir pada kuliah umum tersebut, Direktur Politeknik Negeri Manado Mareyke Alelo, Wakil Direktur Bidang Akademik Tineke Saroinsong, Wakil Direktur Bidang Umum dan Keuangan Susy Marentek, Wakil Direktur Bidang Kemahasiswaan Selvie Kalele, dan Ketua Senat Politeknik Negeri Manado Rudy Mait.
(Gito Mokoagow)