Kapolda Sulut: Brimob Berkontribusi Positif Jaga Kamtibmas

0

INDO NEWS – Kapolda Sulawesi Utara (Sulut) Irjen Pol Mulyatno mengatakan, keberadaan Satbrimob Polda Sulut berkontribusi positif dalam menjaga keamanan.

Hal tersebut dikatakan Irjen Pol Mulyatno saat memimpin Apel Power on Hand Satbrimob Polda Sulut, Rabu (24/8/2022) pagi, di Mako Satbrimob Paniki, Manado.

“Keberadaan Satbrimob Polda Sulut memberikan kontribusi positif dan strategis dalam kaitannya menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di wilayah hukum Polda Sulut,” ujarnya, di depan personel Satbrimob.

Sebagai pasukan Brimob, lanjut Irjen Pol Mulyatno, hendaknya terus menerus meningkatkan tujuh kemampuan dasar Brimob Polri yaitu, penanggulangan huru hara (PHH), penjinakan bom (Jibom), perlawanan terhadap teror (Wanteror), search and rescue (SAR), Resintel Brimob, penanggulangan persenjataan yang bersifat kimia, biologi, dan radioaktif (KBR), serta ketangkasan lapangan brigade mobil (KLBM).

“Sehingga diharapkan Satbrimob Polda Sulut dapat mendukung pelaksanaan fungsi kepolisian lainnya dalam menjaga kondusivitas wilayah,” katanya.

Irjen Pol Mulyatno meminta seluruh personel Satbrimob Polda Sulut harus memiliki komitmen yang kuat dalam memberikan pengabdian terbaik kepada masyarakat.

“Berikan pengabdian terbaik kepada masyarakat dengan senantiasa melaksanakan tugas pokok, fungsi, dan peran berlandaskan pada motto pembinaan yaitu, tiada hari tanpa latihan, kemudian motto operasional yaitu, sekali melangkah pantang menyerah, sekali tampil harus berhasil, serta motto pengabdian, jiwa ragaku demi kemanusiaan,” pintanya.

Selaku pimpinan di Polda Sulut, Irjen Pol Mulyatno mengharapkan bantuan dan dukungan serta kerjasama dari seluruh personel Satbrimob untuk dapat mendukung dan menyukseskan Program Presisi (Prediktif, Responsibilitas, Transparansi Berkeadilan) Kapolri.

“Serta menjadi ujung tombak Polri khususnya Polda Sulut. Apalagi di era pandemi Covid-19 ini, peran Brimob sangat diharapkan, demikian pula dengan antisipasi bencana alam di wilayah Provinsi Sulut,” harapnya.

Dalam apel ini, Irjen Pol Mulyatno juga menyampaikan beberapa atensi. Di antaranya, seluruh personel Satbrimob harus meningkatkan keimanan dan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, dan melaksanakan tugas dengan profesional, sungguh-sungguh, penuh keikhlasan, serta ketulusan hati.

“Kemudian, pelihara terus integritas, loyalitas, soliditas, dan disiplin dalam pengabdian yang telah dibangun selama ini, serta jangan pernah melakukan perbuatan-perbuatan yang dapat mencoreng kehormatan Satbrimob Polda Sulut,” tuturnya.

Pada kesempatan ini pula, Irjen Pol Mulyatno mengingatkan kembali arahan Kapolri yang disampaikan pekan lalu.

“Bapak Kapolri meminta kita semua sebagai Anggota Polri agar cepat merespons apa yang menjadi keinginan dan kebutuhan masyarakat dari pelaksanaan tugas-tugas Polri,” jelasnya.

Arahan lain, sambung Irjen Pol Mulyatno, Kapolri menegaskan siapapun tanpa memandang pangkat dan jabatan, apabila terbukti melakukan kesalahan berat maka akan dilakukan tindakan tegas.

“Kita semua diharapkan selalu berusaha untuk menjadi Anggota Polri yang terbaik dengan mempedomani kode etik dan peraturan-peraturan tentang kepolisian dengan sebaik-baiknya. Jangan menyakiti dan melukai hati masyarakat serta jangan merugikan masyarakat. Hindari tindak pidana, pelanggaran, baik itu yang terkait dengan penyalahgunaan narkoba, mem-back up berbagai aksi kejahatan seperti penimbunan BBM, LPG, dan lain sebagainya,” tandas Irjen Pol Mulyatno.

Turut hadir dalam apel tersebut yakni, Karo Ops Polda Sulut Kombes Pol R. Wawan Wirawan, Kabid Humas Polda Sulut Kombes Pol Jules Abraham Abast, Dansat Brimob Kombes Pol Bruri Soekotjo Adyakso Putro, serta para perwira Satbrimob Polda Sulut.
(Gito Mokoagow)