Bawaslu Boltim Siapkan Meja Aduan Terkait Hak Konstituen

0

Bawaslu Boltim Siapkan Meja Aduan Terkait Hak Konstituen // JDL

BOLTIM — Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim),siap terima laporan masyarakat yang tanpa sepengetahuan terdaftar sebagai anggota Partai Politik (Parpol) untuk Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024.

Energi Bawaslu Boltim dalam melindungi dan memaksimalkan pengawasan dan pencegahan terus di formulasi agar projek perlindungan hak konstituen tetap terjaga.Sebagaimana yang dilaksanakan Bawaslu Boltim pada,Jumat (12/08/2022)

Bawaslu Boltim, siapkan Meja Aduan untuk melayani masyarakat yang namanya di catut secara sepihak oleh Parpol.

Ikal Salehe anggota Bawaslu Boltim pada kesempatan itu membeberkan kesiapan dan eksistensi mereka mengimplementasi bait regulasi terkait porsi kerja Bawaslu.

“Hari ini kami menyediakan meja aduan, meja yang disediakan kepada masyarakat yang namanya entah secara sengaja atau tidak, dicatut oleh oknum Partai Politik demi kepentingan administrasi pendaftaran ke KPU untuk Pemilu 2024”,kata  Salehe

Koordinator divisi pengawasan hubungan antar lembaga dan hubungan antar masyarakat (PHH) Bawaslu Boltim yang juga diketahui adalah aktivis gerakan Parlemen jalanan sebagai mantan ketua Ikatan Mahasiswa Muhamadiyah (IMM) cabang manado itu menambahkan, pihaknya bakal menggentas tingkah tanduk para oknum Parpol yang dengan sengaja mencatut nama masyarakat.

“Perlu dipertegas bahwa regulasi kepemiluan telah mengatur sanksi bagi pelanggar, kemudian juga terdapat aturan khusus dalam baik KUHP atas segala pemalsuan dokumen”, tegasnya.

Terpisah, Harmoko Mando, ketua Bawaslu Boltim saat di konfirmasi awak media, menginformasikan kepada seluruh elemen dan lembaga yang dilarang terlibat masuk terlibat dalam praktik politik praktis.

“Para sangadi, kepala dinas, dan sejumlah instansi dan lembaga yang dilarang untuk menjadi pengurus dan atau anggota Partai Politik kiranya perlu memproteksi nama mereka atau mengecek apakah nama mereka termuat dalam sipol, jika termuat silahkan menghubungi kami Bawaslu Boltim”,katanya.

Kepala sekretariat Bawaslu Boltim, Muhdi Pasma menyampaikan, meja aduan yang telah di lounching di sekretariat Bawaslu Boltim akan siap menerima konsultasi dan kunjungan masyarakat.

Ia menambahkan Meja aduan telah siap, dan kami akan melayani siapa saja yang datang berkonsultasi atau”,kaa Diding sapaan akrabnya.(bm)