Bupati Boltim Lepas 14 Jamaah Calon Haji Tahun 2022

0

BOLTIM – Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim),  Sam Sachrul Mamonto, S.Sos, M.Si, resmi melepas 14 Jamaah Calon Haji (JCH) Kabupaten Boltim tahun 2022, di Aula kantor bupati Minggu 26 Juni 2022.

Dalam sambutannya bupati mengatakan Alhamdulillah tahun ini Pemerintah Arab Saudi telah membuka lagi pelayanan ibadah haji setelah dua tahun musim haji ditutup karena penyebaran Covid-19, walaupun masih dibatasi.

“Saya atas nama pemerintah daerah Kabupaten Boltim mengucapkan selamat kepada saudara-saudara yang musim haji tahun ini mendapat berkah yang luar biasa setelah dua tahun tertunda akibat Covid1-19 akhirnya mendapat giliran menunaikan ibadah haji, “ kata bupati.

“Ini patut disyukuri karena mendapat kesempatan untuk beribadah haji merupakan hidayah dari Allah yang hanya diberikan kepada hamba-hambanya yang terpilih, “ ujarnya.

Dikatakan bupati, ibadah haji sebagai salah satu dari rukun islam yang ke lima, yang memiliki makna yang cukup dalam karena berada diurutan ke lima. Ibadah ini merupakan ibadah penyempurnaan keislaman seorang muslim dan muslimah.

“Ibadah haji merupakan rukun islam yang kelima yang harus dijalankan jika sudah mampu. Artinya, bukan cuma mampu dari segi finansial tetapi mampu dalam segi fisik, karena ibadah haji adalah ibadah fisik, “ terang bupati.

Lanjut bupati, keberangkatan para jamaah calon haji ini merupakan awal dari rangkaian perjalanan ibadah haji dengan niat mengharap ridho Allh SWT. Perjalanan saudara-saudara mungkin akan mengakibatkan kelelahan, tetapi dibalik itu ada kekuatan besar dan daya tarik tersendiri untuk memenuhi panggilan Nabi Ibrahim Alaissalam.

“Setiap muslim tentu mendambakan dapat menunaikan ibadah haji guna penyucian dosa-dosa sekaligus menyempurnakan keislaman kita. Sebab, ibadah haji disamping merupakan kewajiban, juga sekaligus kehormatan bagi kita semua yang mendapatkan panggilan dari Allah SWT, ” jelasnya.

Diakhir sambutan orang nomor satu di Kabupaten Boltim ini berpesan kepada para jamaah calon haji setelah berada di tanah suci agar merebut pahala sebanyak-banyaknya. Artinya, ketika ada orang membutuhkan pertolangan maka itu wajib dilakukan dan itulah pahala.

“Selamat menunaikan ibadah haji, mudah-mudahan perjalan kalian jamaah calon haji berlangsung lancar tanpa adanya rintangan. Dan semoga sekembalinya ke tanah air menjadi haji yang mabrur, “ pesan bupati.

Usai sambutan, bupati kemudian memberikan uang saku atau tali kasih kepada masing-masing jamaah calon haji. Bupati pun melepas keberangkatan 14 jamaah calon haji menggunakan bus ke Manado diiringi dengan doa oleh Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Boltim, Ustadz Kusdi Ismail.

Diketahui turut hadir dalam kegiatan ini, Asisten I, Priyamo SH, MM, Asisten II, MR Alung SE, Asiten III, Drs Rusmin Mokoagow, Kemenag Boltim, Ketua DMI Boltim Samsudin Dama, mewakili Kapolres Boltim, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Boltim, Anggota DPRD Boltim dan jajaran Kepala SKPD dilingkungan Pemkab Boltim.(bm)

.