Disela Rutinitas, Bupati Boltim Hobi Burung Kicau

0

BOLTIM – Koleksi mobil Toyota Hartop atau Land Cruiser, bukanlah satu-satunya hobi yang ditekuni oleh Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Sam Sachrul Mamonto sejak dulu. Pria yang kerap disapa Papa Icat itu, rupanya sudah hampir 1 dekade ternyaa memelihara burung berkicau menjadi sarananya mencari hiburan di sela-sela kesibukan selama ini.

Papa Icat mengakui keindahan suara kicau burung merupakan motivasinya untuk menjadi bagian dari kicau mania. Saat ini setidaknya beragam jenis burung yang dipeliharanya, yakni gantangan burung Love Bird, Jalak Suren, Murai Batu, Cucak Ijo, Kacer dan Kenari menghiasi jalaman belakang rumah pribadi Bupati yang ada di Desa Modayag.”Iya, ini hiburan paling top. Hiburan luar biasa, sambil melirik sangkar burung murai batu dan menceritakan Murai ini sangat gacor ,” kata Bupati  saat bersua dengan sejumlah pewarta Boltim di kediamanya. Bahkan  di sela-sela kesibukan Bupati untuk menjala
nkan tugas dan tanggung jawab sebagai top ekseutif Boltim, beliau pun mengungkapkan sebelum memulai aktivitas mengurus burung peliharaan menjadi agenda wajib yang ia lakukan setiap harinya. Papa Icat  mengatakan suara kicauan burung membuatnya lebih rileks untuk menjalani kegiatan yang cukup padat.

“Pagi-pagi antara setengah 06.30 sampai pukul 08.00 WIB, sambil merawat dan memberi makan,” katanya.

Bagi Papa Icat memelihara burung tak hanya menjadi sebuah hobi. Apalagi dengan adanya tren burung ocehan.

“Ini hobi yang melahirkan pekerjaan, burung menjadi sebuah hobi yang digemari sebagian kalangan pria. Warna, jenis, dan bunyinya menjadi daya tarik tersendiri dari hobi ini,” kata Bupati. (bm)