Bupati Boltim Sam Sachrul Mamonto Hadiri Java Culture Fast 2022

0

BOLTIM – Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Sam Sachrul Mamonto didampingi Ketua TP PKK Boltim Seska Ervina Budiman, hadiri Java Culture Fast, Minggu 19 Juni 2022.

Kegiatan yang dipusatkan di Lapangan Arjuna Desa Purworejo ini, menampilkan berbagai seni budaya jawa. Mulai Karnaval, pementasan seni dan budaya, hingga menghadirkan berbagai makanan khas jawa.

Sebagaimana dikataka   Bupati Sachrul. Bahwa  acara bersih desa merupakan adat budaya masyarakat etnis jawa yang dilaksanakan setiap tahunnya.

“Makna dari bersih desa ini merupakan ungkapan rasa syukur masyarakat jawa atas rahmat yang dilimpahkan kepada mereka setelah melakukan panen selama satu tahun, maka dari itu acara ini  dilaksanakan setiap tahunnya,” ujar Sachrul lewat sambutannya.

Dikatakannya bahwa Kabupaten Boltim layaknya miniatur Indonesia. Sebab, selain kaya akan keindahan alam, Boltim juga memiliki keberagaman adat dan budaya.

“Sejatinya budaya di Boltim begitu banyak, tidak hanya budaya Mongondow saja, tetapi sudah ada budaya Jawa, Minahasa, Bugis, Arab dan budaya Sangihe yang juga sering melaksanakan acara adat, sehingga menurut saya daerah ini adalah miniaturnya Indonesia,” kata Bupati.Sembari, menambahkan  keberagaman adat dan budaya di Kabupaten Boltim harus terus dilestarikan, dengan cara seperti pelaksanaan acara bersih desa yang dilaksanakan masyarakat jawa di Desa Purworejo bersatu dan liberia.

“Budaya ini hampir hilang masanya, untuk itu acara ini kita laksanakan, tak hanya jawa tapi untuk suku lain juga, dengan tujuan melestarikan budaya agar diketahui anak cucu. Untuk itu, insyaallah acara kebudayaan seperti ini akan kita agendakan sebagai festival tahunan,” katanya.(bm/Adv)