Berkat Perjuangan Almarhum.Bapak Hi.Herson Mayulu, Kini Program P3GAI Moyongkota Baru Rampung 70 Persen

0

BOLTIM – Program P3TGAI selain untuk mendukung program ketahanan pangan Nasional, juga sebagai upaya peningkatan kemampuan ekonomi serta kesejahteraan masyarakat khususnya petani. Selain itu, memperkuat dan meningkatkan kemandirian masyarakat petani dalam kegiatan pengelolaan jaringan irigasi.

Diketahui untuk Kabupaten Bolaang Mongodow Timur (Boltim) sendiri, khususya di Desa Moyongota Baru, Kecamatan Modayag Barat, juga mendapat sentuhan program P3TGAI yang menyasar pada pemberdayaan maupun Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) dalam kegiatan teknis perbaikan dan peningkatan jaringan irigasi air.

Program yang tak lepas dari hasil perjuangan salah satu tokoh senior Sulut, Almarhum.Hi.Herson Mayulu,SIP , tentunya bertujuannya untuk mengembalikan kondisi dan fungsi saluran dan bangunan irigasi seperti semula secara parsial. Selain itu, juga bermanfaat untuk meningkatkan fungsi dan kondisi jaringan yang sudah ada melalui kegiatan rehabilitasi atau menambah luas area pelayanan pada jaringan irigasi yang sudah ada dengan mempertimbangkan perubahan kondisi lingkungannya.

Sebagaimana dikatakan Ketua Kelompok Perkumpulan Petani Penguna Air (P3A) Cahya Sejahtera, Afriansya Embo, mengatakan dimana kegiatan yang bertujuan guna meningkatkan produktivitas ketahanan pangan nasional. Hal itu membuat dirinya sebagai ketua kelompok terus melakukan pengawasan proses pembuatan jaringan irigasi hingga saat ini sudah mencapai 70 persen pekerjaan.” Iya, program ini dikerjakan oleh P3A Cahya sejahtera Desa Moyongkota Baru. Ini dibangun bertujuan untuk mengairi sawah dan sebagai bentuk peningkatan kualitas tata guna air sebagai ketahanan pangan nasional. Maka progres pekerjaan ini saya awasi langsung di lapangan dan terus digenjot oleh petani yang menggunakan air ini dan hasilnya pekerjaan ini sudah sampai 70 persen,” kata Embo’.

Senada dikatakan Sangadi Moyongkota Baru, Muhammad Husain Embo menambahkan, program P3-TGAI ini bisa menjadi solusi bagi petani saat menghadapi musim kemarau.” Ketersediaan air tidak merata sepanjang waktu dan tempat, ketika musim kemarau, dan ini merupakan alternatif penyediaan air bagi para petani,” katanya.Sembari, menambahkan, meminta kepada masyarakat sekitar agar bisa menjaga dan memaksimalkan fungsi P3-TGAI ini. Sehingga bukan hanya produktivitas yang meningkat tetapi juga pendapatan para petani.”Saya berharap agar masyarakat bisa memanfaatkan dengan benar pogram ini, karena sangat mempermudah para petani dalam pengairan. Ini akan meningkatkan pendapatan perkapita masyarakat itu sendiri,” kata Embo.
Disisi lain Sangadi mengucapkan terimakasih dan mendoakan Almarhum Hi Herson Mayulu SIP atas segala jasa-jasanya.”Atas nama masyarakat dan pemerintah desa saya mengucapkan terimakasih kepada almarhum Bapak Hi Herson Mayulu SIP telah memberikan program ini di Desa Moyongkota Baru. Terimakasih telah memperjuangkan aspirasi para petani sawah dengan progam P3-TGAI. Juga trimah kasih Balai Sungai Wilayah 1 Provinsi Sulut yang sudah memfasilitasi program ini. Dan kepada almarhum Bapak H2M semoga Allah dilapangkan kuburnya, serta di tempatkan disisi Allah SWT, dan kami akan selalu mengenang jasa-jasa beliau, Amiin,” tutup Embo.(bud)