Program P3-TGAI Bantu Pembangunan di Desa Bongkudai Barat

0

BOLTIM – Pengerjaan Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) di Desa Bongkudai Barat, Kecamatan Modayag Barat, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), sangat membatu perekonomian masyarakat dan pembangunan desa.

Program peningkatan jaringan irigasi yang berbandeeol  Rp195 juta. Adapun sumber dana berasal dari APBN Tahun 2022 dengan nomor kontrak: HK.02.03/OPSDA-III/P3TGAI/20.61.

Dari pantauan  di lokasi pengerjaan Program P3TGAI tersebut, nampak Kepala Desa Bongkudai Barat, Hasmi Tololiu sedang ikut mengawasi proses pengerjaan pembangunan irigasi. Didampingi Ketua Kelompok Tani Suka Maju Desa Bongkudai Barat.

Hasmi Tololiu  mengatakan, program ini dikerjakan dengan metode swakelola, pemberdayaan, partisipatif, dan padat karya yang melibatkan masyarakat setempat. Tentunya dengan pengarahan dari Kepala Balai Wilayah Sungai I (BWS) Provinsi Sulawesi Utara Ir I Komang Sudana MT melalui Iskandar Rahim (Kasatker) dan Alan Kawengian (PPK).

Lanjutnya, Hasmi Tololiu memberi apresiasi terhadap Tim Support dan menghaturkan doa atas jasa dari almarhum Hi Herson Mayulu SIP. Karena adanya program P3-TGAI sangat membantu pembanguan di desa yang tidak dicover APBDes.”Program ini sangat membantu kami pemerintah desa. Apalagi masyarakat yang sangat sekali membutuhkan ketersediaan jaringan irigasi. Sampai saat ini masyarakat sangat bersyukur terlebih khusus kepada almarhum Bapak Herson Mayulu dan seluruh tim aspirasi. Banyak sekali masyarakat yang sangat membutuhkan sehingga kami dari pemerintah desa mengharapkan program ini berkelanjutan,” kata Tololiu. selaku Kepala Desa Hasmi Tololiu, Ketua Kelompok Tani Suka Maju Lalang Gumeleng, Sekretaris Barhan Dasinangon dan Bendahara Serlina Mamonto dan seluruh pekerja program P3-TGAI mendoakan almarhum Hi Herson Mayulu sebagai wujud ucapan terima kasih atas jasa-jasanya.(bud)