Boltim Siap Ikut Lomba Desa Cerdas Tingkat Nasional

0

BOLTIM – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD), Bolaang Mongondow Timur (Boltim), akan mengikutsertakan desa pada lomba Smart Village tingkat nasional tahun 2022.

Hal ini dikatakan langsung, Kepala DPMD Boltim, Hendra Tangel SH, kepada sejumlah wartawan, Minggu (13/02/2022) siang tadi.

“Ada 20 desa yang akan kita usulkan untuk memgikuti lomba Smart Village atau desa cerdas tingkat nasional,” ungkap Tangel.

Lebih lanjut Hendra mengatakan, nantinya 20 desa yang dipersiapkan tersebut, akan diambil dari perwakilan desa yang ada di wilayah pesisir dan pegunungan.

“Proses pengusulannya langsung ke Kementerian Desa (Kemendes dan PTT), untuk itu desa yang nantinya akan ditunjuk untuk dapat mempersiapkan segala sesuatu yang menjadi syarat perlombaan,” pintanya.

“Kita sudah minta mereka (desa, red) untuk melakukan input data sesuai permintaan dari pusat. Termasuk proposal, menyiapkan operator desa dan surat pernyataan dari sangadi terkait kesiapan keikutsertaan lomba,” tambahnya.

Ada pun, penentuan desa-desa yang diikutsertakan dalam lomba ini dilihat dari infrastruktur penunjang, seperti ketersediaan jaringan internet dan jaringan listrik. Selain itu, desa yang terpilih harus menyiapkan tenaga operator dalam mengoperasikan perangkat yang nantinya akan diberikan pihak Kemendes.

“Nantinya, desa-desa yang kami ajukan ini akan melalui tahap verifikasi dan hasilnya diumumkan pada pekan depan. Semog semuanya bisa lolos,” tutup Hendra.(BM)