Polda Sulut Awasi Ketat Tes Kesamaptaan Jasmani Seleksi SIP Angkatan ke-51

0

INDO NEWS – Pengawasan ketat dilaksanakan Polda Sulawesi Utara dalam proses seleksi Sekolah Inspektur Polisi (SIP) angkatan ke-51 TA 2022.

Hal tersebut dikatakan Direktur Samapta Polda Sulut Kombes Pol Heri Murwono selaku Ketua Panitia Tes Kesamaptaan Jasmani, saat hadir langsung mengawasi proses pelaksanaan tes kesamaptaan jasmani, yang dilaksanakan di Lapangan KONI Sario Manado, Kamis (3/2/2022) pagi.

“Setiap personel yang ditugaskan dalam kepanitiaan wajib melaksanakan tugasnya dengan penuh rasa tanggung jawab, serta mendapat pengawasan ketat baik dari pengawas internal maupun pengawas eksternal,” ujar Kombes Pol Heri Murwono.

Pengawasan internal dilaksanakan oleh personel Bidang Propam, yaitu Provost dan Paminal serta Itwasda sedangkan pengawasan eksternal melibatkan LSM.

“Tidak ada kecurangan, kita lakukan pelaksanaan dan pengawasan tes dengan teliti dan saksama untuk mengawal proses seleksi ini dengan baik,” ujar Kombes Pol Heri Murwono.

Pada pelaksanaan tes kesamaptaan ini, panitia juga memasang kamera di setiap item pelaksanaan tes. “Tentunya kamera ini sangat membantu apabila ada komplain dari peserta saat penghitungan, namun sebisa mungkin kesalahan hitung akan kita hindari,” katanya.

Tes Kesamaptaan Jasmani ini dilaksanakan selama 2 hari, meliputi kesamaptaan A yaitu lari 12 menit dan kesamaptaan B, terdiri dari pull up/chinning up, psuh up, sit up dan shuttle run. Tes ini diikuti oleh 268 peserta terdiri dari 14 Polwan dan 254 Polki.
(Gito Mokoagow)