Buka Bimtek Penyusunan LAKIP, Ini Harapan Wali Kota Tatong Bara

0

KOTAMOBAGU – Pemkot Kotamobagu menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyusunan Laporan Kinerja Perangkat Daerah (LAKIP) serta Cara Review Kinerja Perangkat Daerah Kota Kotamobagu Tahun Anggaran 2021.

Bimtek tersebut dibuka langsung oleh Wali Kota Kotamobagu Tatong Bara, di Ballroom Hotel Aryaduta Manado, Jumat 21 Januari 2022

Wali Kota mengatakan bimtek dilakukan sebagai bentuk tanggung jawab Pemkot Kotamobagu guna menyajikan pelaporan kinerja yang baik.
“Ini merupakan keinginan serta tanggung jawab kami dalam menyajikan laporan akuntabilitas kinerja yang baik. Dalam penyusunan laporan akuntabilitas ini, mudah-mudahan kinerja yang dilakukan Pemerintah Kota Kotamobagu selama tahun 2021 dapat diukur dan dievaluasi sejauh mana capaian kinerjanya,” kata Wali Kota, Tatong Bara.

Lebih lanjut wali kota mengatakan, Pemkot Kotamobagu telah menindaklanjuti arahan dan petunjuk Kementerian PAN RB untuk melakukan penyesuaian dan perubahan terhadap dokumen perencanaan, baik sasaran RPJMD maupun sasaran strategis yang ada di perangkat daerah.
“Kita ingin melakukan evaluasi lagi setelah penyesuaian dan perubahan terhadap indikator kinerja utama di RPJMD dan ditindaklanjuti di dokumen Renstra Perangkat Daerah, apalagi yang masih kurang dan harus diperbaiki,” terang wali kota.

Wali Kota juga berharap, bimtek ini, bisa membawa perubahan terhadap nilai akuntabilitas kinerja Pemkot Kotamobagu.
“Terima kasih saya ucapkan kepada Kementerian PAN RB, dalam hal ini kepada Pak Kamaruddin dan Pak Arif yang telah bersedia meluangkan waktu untuk datang memberikan bimtek kepada seluruh perangkat daerah Pemkot Kotamobagu. Mudah-mudahan ini akan meningkatkan nilai laporan akuntabilitas kinerja Pemkot. Saya minta seluruh perangkat daerah untuk serius mengikuti bimtek ini, karena ilmu itu mahal,” pungkas wali kota

Kegiatan tersebut menghadirkan sejumlah narasumber. Dintaranya, Asisten Deputi Perumusan Kebijakan Reformasi Birokrasi Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan Kemen PANRB, Kamaruddin, Analis Kebijakan, Arif Tri Haryanto.
Selain itu, bimtek juga dihadiri Sekretaris Daerah, Sande Dodo, Asisten Adminsitrasi Umum, Sofyan Mokoginta, serta diikuti seluruh pimpinan perangkat daerah bersama analis perencanaan di lingkungan Pemkot Kotamobagu. (*)