Kapolda Sulut Tinjau Vaksinasi Anak-anak di Minut

0

INDO NEWS -; Kapolda Sulawesi Utara (Sulut) Irjen Pol Mulyatno didampingi Karo Ops, Kabid Dokkes, dan Kapolres Minahasa Utara (Minut) meninjau pelaksanaan vaksinasi bagi anak-anak berusia 6-11 tahun, di SD Negeri 1 Airmadidi, Kabupaten Minut, pada Rabu (15/12/2021) sore.

Pada peninjauan tersebut, Irjen Pol Mulyatno berdialog interaktif dengan Kabaharkam Polri Komjen Pol Arief Sulistyanto, melalui video conference.

Irjen Pol Mulyatno melaporkan, vaksinasi di Provinsi Sulut secara umum sudah masuk dalam daftar 10 besar yaitu, sudah mencapai sekitar 74 persen lebih untuk vaksinasi tahap pertama, sedangkan vaksinasi tahap kedua sudah mencapai sekitar 55 persen lebih.

“Kemudian di beberapa wilayah sudah memenuhi syarat untuk dilakukan vaksinasi kepada anak-anak. Di lokasi ini, sudah terkumpul sekitar 300 anak berusia 6 hingga 11 tahun, yang secara bergiliran mereka melakukan vaksinasi,” ujar Irjen Pol Mulyatno.

Lanjutnya, ada 6 kabupaten/kota di Sulut yang pelaksanaan vaksinasi untuk orang dewasa sudah lebih dari 70 persen, kemudian untuk lansia lebih dari 60 persen, sehingga bisa dilakukan vaksinasi untuk anak-anak.

“Enam kabupaten/kota tersebut yakni, Kabupaten Minahasa, Kabupaten Minahasa Tenggara, Kabupaten Minahasa Utara, Kota Bitung, Kota Manado, dan Kota Tomohon. Ini yang sudah dan akan dilakukan vaksinasi untuk anak berusia 6 hingga 11 tahun,” jelas Irjen Pol Mulyatno.

Diterangkannya pula, untuk vaksinasi orang dewasa memang ada sedikit kendala.

“Namun sudah kita atasi. Yaitu dengan misalnya, para pekerja tambang biasanya hari Sabtu dan Minggu baru libur, kemudian vaksinasi kita laksanakan hari Sabtu dan Minggu. Kemudian juga bagi masyarakat yang bekerja siang hari, maka pada sore dan malam hari kita berikan pelayanan vaksinasi. Sedangkan untuk masyarakat yang ada di pedalaman-pedalaman, vaksinasi kita lakukan secara door to door,” terang Irjen Pol Mulyatno.

Terkait pelaksanaan Gerai Vaksin Presisi sejak 1 Juli hingga 14 Desember, sambungnya, Polda Sulut menerima vaksin sebanyak 298.033 vial, kemudian sudah dipakai 261.832, dan sisanya 36.201.

“Untuk perkembangan pelaksanaan vaksinasi di Sulut selama ini berjalan dengan baik dan lancar, antusias dari masyarakat maupun dukungan dari Forkopimda juga sangat tinggi,” pungkas Irjen Pol Mulyatno.

Sementara itu, Komjen Pol Arief mengucapkan terima kasih kepada Irjen Pol Mulyatno dan anak-anak yang sudah melaksanakan vaksinasi.

“Terima kasih Pak Kapolda, sudah mendampingi anak-anak. Dan juga terima kasih kepada anak-anak, tidak takut divaksin,” tuturnya.

Komjen Pol Arief berpesan kepada anak-anak, walaupun sudah divaksin tetapi kalau di kelas atau di sekolah tetap menggunakan masker, dan tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Dan beberapa waktu lalu saya mendampingi Panglima TNI ke Manado, aktivitas masyarakatnya cukup tinggi. Dan saat ini kita sudah diterapkan PPKM Level 1, saya berharap protokol kesehatan supaya tetap diterapkan,” imbau Komjen Pol Arief.

Lanjutnya, kondisi ekonomi saat ini yang sudah membaik, tetapi kalau tidak diikuti dengan kepatuhan terhadap protokol kesehatan, maka bisa terganggu.

“Semua kegiatan vaksinasi massal yang dilakukan di Sulut sudah berjalan dengan baik, sudah masuk dalam 10 besar. Mungkin untuk di wilayah-wilayah kepulauan bisa ditingkatkan dan dimobilisir tenaga kesehatan ke wilayah-wilayah kepulauan. Terima kasih Pak Kapolda, selamat bertugas, dan salam sehat,” kunci Komjen Pol Arief.
(Gito Mokoagow)