Arahan di Polres Bitung, Kapolda Sulut: Jaga Kekompakan dalam Bertugas

0

INDO NEWS – Kapolda Sulawesi Utara (Sulut) Irjen Pol Mulyatno meminta seluruh personel menjaga kekompakan dalam melaksanakan tugas.

Hal tersebut disampaikan Irjen Pol Mulyatno saat memberikan arahan kepada para perwira Polres Bitung, Selasa (23/11/2021) pagi, di Aula Endra Dharmalaksana, Mapolres setempat.

“Jaga dan tingkatkan kekompakan di kesatuan masing-masing. Tidak ada istilah tidak kompak dalam melaksanakan tugas. Harus saling mendukung, baik anak buah terhadap pimpinan maupun sebaliknya,” ujar Irjen Pol Mulyatno, didampingi Kapolres Bitung AKBP Alam Kusuma S. Irawan.

Selain kekompakan di lingkup internal, Irjen Pol Mulyatno juga meminta Polres Bitung dan jajaran untuk menjaga kekompakan dengan pihak lain.

“Jaga kekompakan juga dengan stakeholders lain seperti TNI, Pemerintah Daerah, instansi terkait lainnya, dan seluruh elemen masyarakat. Jalin hubungan yang sebaik-baiknya, terutama dalam pelayanan kepada masyarakat maupun menjaga situasi keamanan dan ketertiban,” pinta Irjen Pol Mulyatno.

Mengenai 12 Program Prioritas Kapolda Sulut, Irjen Pol Mulyatno menjelaskan bahwa hal tersebut tidak lepas dari kebijakan Kapolri terkait dengan kebijakan Polri yang “Presisi” (Prediktif, Responsibilitas, Transparansi Berkeadilan).

“Di manapun kita bertugas, harus membawa nilai-nilai Presisi kepada masyarakat,” ajak Irjen Pol Mulyatno.

Dalam kesempatan itu pula, Irjen Pol Mulyatno berpesan agar seluruh personel bijak dalam menggunakan media sosial (medsos).

“Hati-hati, karena apa yang sudah kita share di medsos kepada siapapun, hal itu sudah menjadi milik publik. Berikan contoh-contoh yang positif di medsos, hindari hal-hal negatif, itu prinsipnya,” tegas Irjen Pol Mulyatno.

Dalam penekanannya, Irjen Pol Mulyatno juga mengingatkan anggota Polri adalah abdi dan teladan bagi masyarakat.

Irjen Pol Mulyatno pun berharap ranking kerawanan di Polda Sulut semakin menurun, dengan cara mengaktifkan dan mengoptimalkan seluruh fungsi teknis yang ada.

Dicontohkannya, fungsi intel melakukan penyelidikan, fungsi Binmas melalui Bhabinkamtibmas memberikan pembinaan dan penyuluhan kepada masyarakat, fungsi sabhara melakukan patroli, dan fungsi Reskrim dengan menghidupkan Kring Serse.

“Kolaborasi dengan semua satuan fungsi yang ada untuk bersama-sama meningkatkan pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat. Prinsipnya, Polri harus ada saat masyarakat membutuhkan, Polri juga harus berempati kepada masyarakat,” pungkas Irjen Pol Mulyatno.

Usai memberikan arahan, Irjen Pol Mulyatno menghadiri kegiatan Apel Siaga Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan Tahun 2021, di dermaga Pelabuhan Perikanan Samudera Bitung.
(Gito Mokoagow)