ktg

Peduli Warga Terdampak Pandemi, Kapolda Sulut Bagikan Paket Sembako untuk Buruh Pelabuhan Manado

0

INDO NEWS – Kapolda Sulawesi Utara (Sulut) memimpin kegiatan bakti sosial dalam rangka PPKM, Senin (09/08/2021) sore, di area Pelabuhan Manado.

Kegiatan tersebut dilakukan dalam bentuk pemberian bantuan 300 paket sembako gratis bagi Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) pelabuhan setempat. Diawali dengan penyerahan bantuan secara simbolis oleh Kapolda kepada perwakilan buruh.

Kemudian penyerahan berturut-turut oleh Danlantamal VIII Manado, Kepala Bakamla Zona Maritim Tengah, perwakilan Danrem 131/Santiago, Ketua MUI Sulut, dan Korda BEM Nusantara Sulut.

Sekretaris TKBM Pelabuhan Manado, Agus Ahmad, mengucapkan terima kasih kepada Kapolda Sulut atas bantuan yang diberikan.

“Terima kasih kepada Bapak Kapolda Sulut. Kami bersyukur karena mendapat bantuan, dan ini sangat bermanfaat bagi kami, apalagi di tengah pandemi,” tuturnya.

Sementara itu Kapolda Sulut sesaat usai kegiatan, mengatakan, bantuan ini diberikan kepada masyarakat khususnya yang terdampak ekonomi akibat pandemi serta PPKM Level 3 dan 4, salah satunya adalah buruh pelabuhan.

“Karena dari belasan kapal, setiap hari hanya sekitar 5 atau 6 kapal yang beroperasi. Saat ini untuk penumpang pun sangat berkurang jauh dari sebelumnya. Hal ini tentunya sangat berdampak bagi penghasilan para buruh pelabuhan,” ujarnya.

Lanjut Kapolda, para buruh pelabuhan merupakan salah satu penggerak roda perekonomian, sehingga juga perlu mendapat perhatian khusus.

“Hal ini sesuai instruksi dari Presiden, Panglima TNI, Kapolri dan para Menteri, agar Forkopimda bersama instansi terkait memperhatikan masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19 maupun diterapkannya PPKM,” jelasnya.

Kapolda menambahkan, bakti sosial seperti ini akan terus digelorakan, dengan sasaran utama adalah masyarakat yang terdampak pandemi.

Lebih lanjut diterangkannya, mengingat perkembangan situasi dan kondisi pandemi Covid-19 yang mengalami peningkatan cukup signifikan, termasuk di wilayah Sulut, maka Gubernur Sulut telah menerbitkan Surat Edaran dalam rangka antisipasi peningkatan Covid-19.

“Memang mobilitas masyarakat dibatasi, tetapi semuanya itu demi kesehatan masyarakat. Kalau masyarakat sehat, maka ekonomi pun akan bangkit,” kata Kapolda.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolda juga mengajak masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan demi menekan laju penyebaran virus corona.

“Masyarakat agar disiplin protokol kesehatan. Yaitu dengan Memakai masker, Mencuci tangan, Menjaga jarak, Menghindari kerumunan, dan Mengurangi mobilitas. Kemudian yang tidak kalah penting yaitu vaksinasi,” pungkas Kapolda mengimbau.

Turut mendampingi Kapolda dalam kegiatan tersebut, yaitu beberapa Pejabat Utama Polda Sulut dan Kapolresta Manado.

(Gito Mokoagow)