ktg

Jelang Idul Adha,Dispertanak Awasi Hewan Kurban di Kotamobagu

0

KOTAMOBAGU – Dinas Pertanian, Perkebunan, dan Peternakan Kota Kotamobagu, hingga saat ini terus mengawasi dengan ketat, kesehatan daging hewan, khususnya yang akan disembelih pada hari raya Idul Adha 2021 tahun ini.

Hal ini sebagaimana diungkapkan oleh Kepala Bidang Peternakan Dispertanak Kotamobagu Samsul HIdayat Lasena SPt kepada media

Untuk proses pemeriksan kita bekerja sama dengan dokter hewan. Dimana, dokter in nantinya akan memberikan semacam pelatihan, terkait apa saja yang akan diperiksa untuk hewan. Dimana, ketika ditemuka adanya gejala penyakit tertentu maka hewan tersebut tidak diperbolehkan untuk disembelih,” unglap Samsul.

Nantinya, masih kata Samsul hewan yang kedapatan ada gejala penyakit tersebut akan diberikan bat oleh mereka. “Nanti setelah diobati, dan kemudian diperiksa kembai gejala atau tanda-tanda penyakitnya sudah tidak ada, dan bisa dipastikan sehat, baru hewan itu bisa disembelih,” tambanya.

Tidak hanya sampai disitu, Samsul juga menjelaskan kalau usai disembelih, maka pihaknya akan kembali melakukan pemeriksaan terhadap daging atas hewan yang disembelih tersebut. “Ini untuk memastikan apakah daging tersebut layak dikonsumsi atau seperti apa. Tetapi, hingga saat ini di Kotamobagu sendiri, untuk segi kesehatan daghing masih bisa dipertanggungjawabkan,” tuturnya