Peduli Kesehatan Lansia, Brigpol Andika Amisi Inisiasi “Klinik Bhabinkamtibmas Bergerak”

0

INDO NEWS – Dedikasi Brigadir Polisi (Brigpol) Andika Eka Putra Amisi untuk terus memberikan pelayanan prima terhadap masyarakat, patut diacungi jempol.

Tak ayal, anggota Polri yang berdinas di Polsek Kabaruan Polres Kepulauan Talaud ini pun meraih penghargaan sebagai Juara I Polisi Teladan tingkat Polda Sulawesi Utara (Sulut) tahun 2020 lalu.

Penghargaan tersebut rupanya semakin menambah semangatnya untuk melakukan aksi nyata kepedulian kepada warga di desa binaannya, yaitu Rarange dan Kordakel, Kecamatan Kabaruan, Kabupaten Kepulauan Talaud.

Buktinya, Brigpol Andika kembali menginisiasi sebuah program bertajuk “Klinik Bhabinkamtibmas Bergerak”, pada Sabtu (26/06/2021) pagi.

Kegiatan ini dilakukan dalam bentuk pelayanan kesehatan secara gratis kepada masyarakat, khususnya para Lansia atau lanjut usia.

“Pelayanan kesehatan melalui program Klinik Bhabinkamtibmas Bergerak ini merupakan salah satu wujud nyata kepedulian terhadap warga khususnya Lansia. Dilakukan sebagai rangkaian bakti sosial dalam rangka menyambut Hari Bhayangkara ke-75, 1 Juli mendatang,” ujarnya.

Bentuk pelayanan kesehatan yang diberikan antara lain pemeriksaan tensi darah, gula darah, kolesterol, asam urat dan juga berbagai keluhan kesehatan dari para Lansia.

Pelayanan kesehatan pagi itu dilakukan bersama lima orang relawan, terdiri dari dr. Grace Bambulu beserta empat tenaga medis lainnya.

Kegiatan dilakukan secara door to door. Brigpol Andika bersama para relawan menyambangi rumah-rumah warga Lansia di Rarange dan Kordakel untuk melakukan pemeriksaan kondisi kesehatan.

“Mengingat saat ini masih masa pandemi, jadi pelayanan kesehatan dilakukan dengan mengunjungi rumah-rumah para Lansia. Hal ini untuk menghindari kerumunan, demi menekan laju penyebaran virus corona,” jelas Brigpol Andika.

Lanjutnya, setidaknya 75 orang lansia di dua desa tersebut telah mendapatkan pelayanan kesehatan ini. Setelah diperiksa, para Lansia juga mendapatkan masker dan obat gratis, sesuai keluhan atau sakit yang dideritanya.

“Klinik Bhabinkamtibmas Bergerak ini, termasuk pengadaan peralatan pemeriksaan dan obat-obatan, dilaksanakan secara swadaya. Tentunya didasari dengan penuh keikhlasan serta ketulusan demi membantu sesama. Semoga apa yang kami lakukan ini bermanfaat dan bisa sedikit meringankan beban warga,” pungkas sosok polisi yang akrab dengan warga ini.

Kegiatan tersebut mendapat apresiasi dari berbagai pihak, salah satunya Sekretaris Desa Kordakel Binsar Sasondol.

“Kami warga Desa Kordakel mengucapkan terima kasih kepada Polri atas pelayanan kesehatan yang diberikan. Selamat Hari Bhayangkara ke-75, semoga Polri semakin sukses,” kuncinya.(Gito Mokoagow)