ktg

Kapolda Irjen Pol Nana Sudjana Lantik 317 Bintara Remaja, Lulusan SPN Polda Sulut

0

INDO NEWS – Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda Sulut kembali mencetak 317 Bintara Polri berpangkat Brigadir Polisi Dua di tahun 2021, yang sebelumnya dididik di SPN Polda Sulut selama 7 bulan.

Upacara Penutupan Pendidikan Pembentukan Bintara (Diktukba) Polri Tahun Anggaran 2020/2021 ini dipimpin langsung Kapolda Sulawesi Utara Irjen Pol Nana Sudjana, di Lapangan Tribrata SPN Polda Sulut, Senin (28/6/2021), dan dihadiri oleh Wakapolda Sulut Brigjen Pol Rudi Darmoko, Kepala SPN Polda Sulut AKBP Sucahyo Hadi, para PJU Polda dan Bhayangkari.

Penutupan Diktukba sekaligus pelantikan siswa menjadi anggota Polri ini ditandai dengan penanggalan tanda pangkat siswa, pemasangan tanda pangkat efektif, penyerahan piagam penghargaan dan pengalungan medali kepada 3 perwakilan siswa oleh Kapolda Sulut, dilanjutkan dengan pengambilan sumpah sebagai anggota Polri dan penandatanganan Berita Acara.

Penutupan Pendidikan Pembentukan Bintara Polri Tahun Anggaran 2020/2021 ini juga dilaksanakan di Sepolwan Lemdiklat Polri dan di 31 SPN Polda di Indonesia.

Kapolri melalui Kapolda Sulut Irjen Pol Nana Sudjana menyampaikan selamat kepada para Bintara Remaja Polri yang telah berhasil menyelesaikan pendidikan pembentukan Bintara Polri tahun anggaran 2020/2021, menjadi anggota Polri dengan menyandang pangkat Brigadir Polisi Dua.

Dengan berakhirnya program pendidikan ini, Polri telah berhasil menambah personel golongan pangkat Bintara sebanyak 11.198 orang, terdiri atas 10.638 polisi laki laki dan 560 polisi wanita, di seluruh Indonesia.

“Hal ini tentunya menjadi suatu kekuatan strategis untuk menunjang pelaksanaan tugas Polri agar lebih optimal. Melalui penambahan jumlah personel ini, diharapkan penyebaran pelayanan publik semakin luas, dan kehadiran polisi di tengah lingkungan sosial akan semakin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” ujar Irjen Pol Nana Sudjana membacakan amanat Kapolri.

Kapolda berharap dengan pelantikan ini berarti telah melekat identitas dan kehormatan profesi serta tugas dan tanggung jawab sebagai Bhayangkara Negara yang dituntut untuk senantiasa harus mampu diaktualisasikan dalam setiap sikap, tutur kata dan perilaku hidup, baik dalam kedinasan maupun di luar kedinasan, sehingga mampu menjadi contoh dan teladan bagi masyarakat.

“Kehadiran mereka akan menjadi cerminan layanan Polri secara keseluruhan. Saya berharap Bintara Remaja ini mampu merubah wajah Polri menjadi Polri yang memenuhi harapan masyarakat, Polri yang memenuhi harapan rakyat dengan berorientasi kepada kepentingan masyarakat, berbasis pada hukum yang berkeadilan, menghormati hak asasi manusia serta mengawal proses demokrasi,” harap Kapolda.

Pada pendidikan pembentukan Bintara di SPN Polda Sulut ini, Kapolda menyatakan rasa syukurnya karena selama pendidikan 7 bulan, seluruh anggota tidak ada yang sakit, termasuk tidak ada yang positif covid 19.

“Dari 317 Bintara baru ini, ada sekitar 39 orang yang akan ditempatkan di Mabes Polri, yaitu di TI, Densus dan Brimob, dan selebihnya akan ditempatkan di Polda Sulut,” tandas Irjen Pol Nana Sudjana.

Pada pelantikan kali ini, yang menyabet predikat siswa teladan dan tertabah adalah Hendrio Kaufman Zega, sedangkan siswa cendekia diraih oleh Hendy Lethulur dan siswa trengginas diraih oleh Geraldo Denis Monding (Gito Mokoagow)