Wabub Bosel,Deddy Abdul Hamid Buka Uji Sertifikasi Tenaga Kerja Konstruksi

0

BOLSEL- Wakil Bupati Bolsel Deddy Abdul Hamid didamping Sekda Marzanzius Arvan Ohy, S.STP menghadiri sekaligus buka Uji Sertifikasi Tenaga Kerja Konstruksi Balai Jasa Konstruksi Wilayah VI Makasar bekerjasama dengan Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Pertanahan, Perumahan, dan Kawasan Permukiman, Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sulawesi Utara di Aula Kantor Bupati Panago (14/9/2020).Para tenaga kera kontruksi itu diberikan pembekalan dan uji sertifikasi. Menurut Deddy, uji sertifikasi ini sangat penting dilakukan karena bergerak dibidang pertukangan dan tenaga pelaksana.Selaku pemerintah daerah, imemberikan apresiasi kegiatan pembekalan dan uji sertifikasi tenaga kerja kontruksi di Kabupaten Bolsel. Karena hal ini sudah menjadi keharusan di era saat ini,” ucap Deddy.

Dia mengatakan, sekarang ini seorang tenaga kerja memiliki keterampilan bersertifikasi untuk mampu bersaing dengan tenaga kerja asing.

Ada salah satu penelitian yang mengatakan bahwa Kebutuhan tenaga kerja konstruksi sangat tinggi ucapnya.Selama ini pekerja konstruksi masih terpinggirkan dari berbagai aspek meski perannya krusial. Bahkan dari sisi institusi pendidikan jurusan bangunan masih kurang diminati. Untuk itu, kepemilikan sertifikat kompetensi kerja merupakan kewajiban bagi para pekerja konstruksi sebagaimana diatur dalam UU No 2 Tahun 2017 tentang Jasa Konstruksi.

Kenapa tenaga kerja konstruksi membutuhkan sertifikasi? Karena ini sebagai bentuk pengakuan atas kompetensi bapak di level tertentu. Peningkatan dan sertifikasi kompetensi pada gilirannya akan meningkatkan upah Wabup berharap kegiatan ini dapat memberikan kontribusi positif dalam pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Bolsel

Turut hadir dalam acara tersebut Perwakilan Balai Jasa Konstruksi Wilayah VI Makasar Bpk. Ahmad N Damopolii, ST, M.Eng dan kepala OPD lainnya