Produksi Kelapa di Kotamobagu Per Tahun Capai 1,334 Ton

0

KOTAMOBAGU–  Komoditas Kelapa (Kopra) yang juga menjadi salah satu potensi unggulan petani Kotamobagu memiliki produksi yang cukup tinggi. Dalam setahun, Kotamobagu bisa memproduksi 1.334,5 ton.

Kepala Bidang Perkebunan, Tanaman Pangan dan Holtikultura Ramjan Mokoginta mengatakan, Kotamobagu memiliki luasan tanaman kelapa yang cukup besar, yakni 1.181,5 hektar.

“Dengan luasan tersebut, Kotamobagu mampu menghasilkan produksi kopra dalam setahun mencapai 1.334,5 ton. Sehingga saat ini, Kelapa atau kopra masih menjadi Komoditi dan produksi terbanyak di Kota Kotamobagu dibandingkan komoditas lain,” ungkap Ranjan, Sabtu (22/08/2020).

Dari data tersebut Kata Ramjan,  penghasil kopra terbanyak berada di Wilayah Kecamatan Kotamobagu Selatan, dimana luas lahan yang dikelola sebesar 669 ha, dengan jumlah produksi mencapai 564 ton per tahun.

“Kemudian Kotamobagu timur luas lahan 282,5 ha dengan jumlah produksi 423 ton per tahun, Kotamobagu barat 117 ha dengan produksi 155,5 ton pertahun dan Kotamobagu Utara 113 ha dengan jumlah produksi mencapai 192 ton kopra setiap tahunnya,” ujar Ramjan

Ia meminta petani terus mengembangkan komoditi kelapan ini sebagai salah satu potensi unggulan di Kotamobagu. “Petani harus aktif mengelolah kelapa ini menjadi kopra sebagai potensi komoditas unggulan kotamobagu