ktg

Gula Aren Kotamobagu Berpeluang Ekspor ke Vietnam

0

KOTAMOBAGU- Produk gula semut atau gula aren hasil buatan tangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang ada di Kota Kotamobagu, berpeluang untuk di ekspor sampai ke Negara Vietnam.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Kotamobagu Anki Taurina Mokoginta kepada media,di kantor Wali Kota Kotamobagu, Senin (10/08/2020) pagi tadi. “Dari Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Suawesi Utara sudah mengambil contoh atau sampling untuk gula semut dari Moyag. Dimana, saat ini mereka sementara menunggu hasil sampling terkait dengan komposisi dan nutrisi manfaat dari gula tersebut,” ungkap Anki.

Anki menambahkan, seandainya nanti hasil sampling tersebut, gula aren Moyag dinyatakan lolos uji mutu, maka proses ekspor ke Negara Vietnam akan bisa dilakukan. “Seandainya lolos uji mutu, maka KADIN akan memfasilitasi, sebab vietnam sudah menunggu untuk gula aren produksi Kotamobagu,” tambahnya.

Salah satu yang akan di uji untuk gula aren tersebut menurut Anki adalah campuran dari proses produksi gula tersebut. “Sebab, ternyata banyak gula yang dicampur di Indonesia, dengan pengaturan komposisi 1 senduk gula aren dan dicampur dengan gula fabrikasi. Makanya, kalau betul itu gula murni, Kadin Sulut akan memfasilitasi hal tersebut,” tuturnya.